Iman, Kepedulian Dan Tindakan

INJIL hari ini mengisahkan kegigihan teman-teman dari seorang yang lumpuh. Dengan tekad bulat mereka mengusungnya melewati berbagai hambatan dan berhasil meletakkannya di hadapan Yesus. Iman mereka yang besar disertai tindakan yang tak kenal putus asa, membuahkan hasil; Yesus pun memulihkannya.

Saat ada anggota keluarga atau teman yang terjerat ke dalam lembah dosa, tidak mampu untuk bangkit dan melepaskan diri; hendaknya kita memiliki kepedulian dan inisiatif untuk menolong mereka, bukannya menghindar atau menghakimi mereka. Karena tanpa bantuan atau dukungan dari teman dan keluarga, niscaya mereka akan jatuh lebih dalam lagi dan menemui kehancuran.

Perjuangan kita tidaklah mudah, kita akan banyak menemui hambatan dan penolakan. Namun janganlah surut langkah, pikirkan cara-cara baru yang kreatif untuk menolong mereka. Tetaplah tekun dan sabar dalam membimbing dan mengarahkan mereka ke jalan yang benar. Miliki iman yang teguh, undang dan libatkan Tuhan di dalam semua usaha kita, jangan hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri.

Semoga kepedulian dan perhatian yang tulus mampu menerangi hati mereka yang gelap, menggerakkan mereka untuk bertobat, berbalik arah, kembali kepadaNya untuk memperoleh pemulihan daripadaNya.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: