HIV

Ayat bacaan: Pengkhotbah 12:1
========================
“Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan: “Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!”

HIV, renungan harian

Kira-kira seminggu yang lalu ketika saya selesai mengajar, saya menyempatkan diri duduk dan ngobrol bersama beberapa mahasiswa. Salah seorang mahasiswa membuat pernyataan yang mengejutkan, bahwa dia ternyata telah terinfeksi virus HIV selama beberapa tahun. Dia terjangkit HIV akibat pemakaian narkoba lewat penggunaan jarum suntik. Pada awalnya dia sempat depresi dan sangat takut, tapi untunglah setelah bergabung dengan sebuah LSM, keberadaannya diterima dan perlahan dia kembali hidup normal. Sekarang dia malah aktif melakukan penyuluhan pada generasi muda, khususnya kepada para pecandu narkoba. “Mereka beruntung. Dulu ketika saya memakai narkoba, tidak ada yang mengingatkan saya. Saya hanya tahu satu hal.. bahwa memakai narkoba itu enak. Saya tidak tahu ada bahaya seperti ini sebagai konsekuensinya.” Demikian katanya. Dalam penyuluhan dia tidak melarang para pecandu untuk terus mengkonsumsi narkoba, dan tidak melarang para pemuda untuk menjauhi. Katanya: “Saya hanya memberi kesaksian apa konsekuensi yang bisa mereka terima jika terus tergoda oleh narkoba. Hidup ini penuh pilihan, silahkan mereka memilih..”

HIV adalah virus yang menyerang dan menghancurkan fungsi dan sistem kekebalan tubuh. Virus ini membuat tubuh seolah tanpa perisai dan sangat rentan diserang penyakit. Seperti mahasiswa saya diatas, ketika orang terkena flu efeknya terbilang ringan, bagi mereka flu bisa menjadi penyakit yang berat, dan butuh waktu lama untuk sembuh. Virus yang sangat berbahaya, namun masih banyak orang yang menyangka virus ini hanya beredar melalui hubungan seksual. Padahal penggunaan jarum suntik bergantian pun bisa menularkan virus HIV ini. Di Indonesia saat ini terdapat 170 ribu orang yang hidup dengan HIV, dan ini hanyalah jumlah yang berhasil di data saja, dimana 29 ribu penderitanya adalah kaum wanita. Dari 170 ribu orang ini, presentase terbesar adalah pengguna narkoba lewat jarum suntik dan pekerja seks komersial. Satu data statistik lain yang juga mengerikan, 40% dari pengguna narkoba lewat suntik setelah di tes ternyata positif HIV. Sebuah kesenangan singkat yang membawa penyesalan dan penderitaan di kemudian hari.

Bukan hanya HIV saja, tapi banyak orang menyia-nyiakan masa mudanya dengan mengerjakan hal-hal yang tidak berguna, bahkan beresiko bagi hidup tanpa mereka sadari. Itulah sebabnya Salomo mengingatkan kita untuk tetap mengingat Sang Pencipta, Allah kita sejak muda. Jangan ditunda, sebelum semuanya menjadi terlambat. Dekatlah pada Allah mulai sekarang, sebelum hari yang malang dan tahun-tahun dimana tidak ada lagi kesenangan hadir dalam hidup. Dekat dengan Allah, mengikuti firmanNya dengan patuh dan taat akan menjauhkan kita semua dari perilaku menyimpang yang bisa membawa kita kepada maut. Mengisi masa muda dengan hal-hal positif sesuai kehendakNya akan membawa kita kepada masa tua yang penuh kebahagiaan.

Gunakan kesempatan dengan baik pada masa muda supaya kita bisa mencapai  akhir yang menyenangkan

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply