Hidup Ini Penuh Kejutan

hidup penuh kejutan“Ia berkata kepada mereka: “Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.” (Luk 21, 10-11) Saat pentas seni anak-anak SLB, seorang anak berkebutuhan khusus […]

hidup penuh kejutan

“Ia berkata kepada mereka: “Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.” (Luk 21, 10-11)

Saat pentas seni anak-anak SLB, seorang anak berkebutuhan khusus maju didampingi seorang guru. Saya diminta maju dan ditanya, “Tanggal berapa saya lahir?”

Saya menyebutkan bahwa tanggal lahirku 12 Juni.

Guru tersebut bertanya kepada si anak, “Tanggal 12 juni tahun 2008 itu hari apa?”

Si anak berpikir sebentar dan menjawab, “Hari Kamis.”

Setelah dicek, jawaban anak tersebut ternyata benar.

Bagi saya ini sungguh mengejutkan bahwa seorang anak berkebutuhan khusus mempunyai kemampuan luar biasa untuk mengingat hari-hari yang sudah berlalu sekian tahun lamanya. Banyak orang sering mengalami sesuatu yang ‘mengejutkan’ di dalam kehidupan mereka.

Sebuah peristiwa bisa mengejutkan seseorang atau banyak orang, karena hal itu terjadi di luar rencana atau pengetahuan manusia, seperti: kematian yang mendadak seseorang yang semula nampak sehat; sakit akut atau kanker ganas seseorang; kemenangan tim olah raga yang sejak awal tidak diperhitungkan lawan; bencana alam yang menelan banyak korban, dsb.

Seseorang juga bisa mengejutkan orang lain dengan keputusan untuk memilih jalan hidupnya, pengakuannya yang jujur atas masa lalunya, atau kebijakan lain yang diambilnya. Ketegasan untuk menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan juga mengejutkan banyak pihak.

Selain itu, banyak orang seing membuat suatu ‘kejutan’ bagi orang lain pada saat-saat khusus, seperti saat ulang tahun. Orang tidak marah dengan ‘kejutan’ yang dilakukan rekan dan sahabatnya pada saat istimewa tersebut.

Kejutan atau sesuatu yang mengejutkan selalu akan terjadi di dalam kehidupan kita, sampai datangnya akhir zaman. Tidak seorang pun tahu dengan pasti, kapan akhir jaman terjadi. Yang bisa dilakukan adalah selalu waspada, berjaga-jaga dan tetap setia kepada Sang Putera.

Teman-teman, selamat pagi dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply