Hidup Hanya Sekali, Mbok Jangan Pelihara Munafikmu

munafik by isoteric“Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua, ‘Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?’” (Gal 2, 14) SANTO  Paulus mengucapkan kata-kata ini, ketika ia melihat Petrus […]

munafik by isoteric

“Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua, ‘Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?’” (Gal 2, 14)

SANTO  Paulus mengucapkan kata-kata ini, ketika ia melihat Petrus makan bersama dengan orang-orang non Yahudi atau orang-orang yang tidak bersunat. Namun demikian, Petrus kemudian mundur dan menjauhi mereka, ketika Yakobus dan rombongannya datang. Petrus takut terhadap orang-orang sebangsanya.

Kemunafikan ini rupanya tidak hanya dialami Petrus, tetapi juga menjalar kepada orang Yahudi lain. Barnabas pun ikut-ikutan bersikap munafik. Kemunafikan inilah yang membuat Paulus marah dan terang-terangan menentang Kefas.

Kemunafikan terjadi ketika seseorang tidak lagi hidup sesuai dengan panggilannya atau kekhasan yang melekat di dalam dirinya.

Panggilan hidup setiap orang berbeda-beda. Ada yang dipanggil menjadi imam, religius, awam yag membangun sebuah keluarga atau para lajang. Setiap orang juga mempunyai kekhasan yang berbeda-beda berdasarkan suku, agama atau budayanya beserta adat istiadatnya.

Tidak benar bahwa seorang yang bersunat bersikap seperti orang yang tidak bersunat; seorang Yahudi berperilaku seperti orang non Yahudi; seorang selibater berperilaku seperti seorang yang berkeluarga; seorang awam berperilaku seperti seorang religius.

Tidak benar juga kalau masing-masing saling memaksakan cara atau corak hidupnya kepada orang lain, yang memang mempunyai banyak perbedaan. Kemunafikan bisa berkembang dan tumbuh subur dalam situasi hidup yang tidak benar seperti ini. Sikap dan perilaku munafik merupakan corak hidup yang tidak selaras dengan ajaran Injil.

Teman-teman selamat pagi dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply