Hari Keluarga Nasional Berfungsi Ingatkan Fungsi Keluarga

keluarga by Avennire

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan bahwa Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan fungsi keluarga secara optimal.

“Menerapkan delapan fungsi keluarga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari,” kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, delapan fungsi keluarga antara lain fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, dan pendidikan.

Selain itu, ada juga fungsi ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan.

Sementara itu, dia juga menambahkan, bahwa peringatan puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) digelar pada 1 Agustus 2015.

Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sudibyo Alimoeso, yang merupakan Ketua Harian Peringatan Harganas menambahkan peringatan Harganas biasanya jatuh setiap tanggal 29 Juni, namun karena tahun ini bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan maka diundur menjadi 1 Agustus 2015

Sudibyo mengatakan puncak peringatan Harganas akan berlangsung di Kota Tanggerang Selatan, Provinsi Banten.

“Tiga hari sebelumnya akan didahului dengan seminar keluarga, dua hari sebelumnya didahului dengan pameran dagang, dekranasda, pameran batu mulia dan aneka kuliner yang diramaikan sekitar 500 PKL,” katanya.

Selain itu, tambah dia, ada juga kegiatan bakti sosial dan pemberian sembako untuk sekitar 6.000 keluarga miskin.

“Diharapkan acara-acara pameran dagang dan lain-lain yang dilaksanakan dua hari menjelang puncak acara akan dibuka oleh Ibu Negara,” katanya.

Sementara acara puncak, tambah dia, diharapkan dapat dihadiri dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Peringatan Harganas juga akan diisi dengan penyematan penghargaan KB Lestari 15 tahun, 10 tahun dan lima tahun,” katanya.

Sementara itu, ada juga penyematan tanda penghargaan Manggala Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, Wira Karya Kencana dari Kepala BKKBN kepada para tokoh yang membantu Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Serta ada penyematan Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI kepada Pejabat/Tokoh yang mempunyai keteladanan dalam bidang KKBPK,” katanya.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply