Halal Bilhalal Kebangsaan di Pastoran Kebon Dalem Semarang

Halal Bilhalal 2

SEMARANG (Selasa 12/08), di Pastoran St. Fransiskus Xaverius Kebon Dalem Semarang, sejak pukul 17.00 para tamu lintas iman berdatangan. Sore hingga malam, diselenggarakan Halal Bihalal Kebangsaan oleh Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (HAK KAS) dalam sinergi dengan Timja HAK Paroki Kebon Dalem di Pastoran Kebon Dalem.

Acara diawali dengan shalat magrib berjamaah oleh para tamu yang hadir di ruang atas Pastoran Kebon Dalem. Dewan Paroki Kebon Dalem bertindak sebagai tuan rumah. Disediakan sarana untuk wudlu dan satu ruang untuk sholat magrib berjamaah. Setelah sholat magrib bersama, semua hadirin menikmati ketupat lebaran bersama.

Alunan musik kasidahan pun mulai bergema. Group Kasidahan Elbitha dari Fakultas Tarbiyah IAIN Walisanga mengumandangkan shalawat mereka. Ini mengundang para tamu yang masih menikmati santap malam segera memasuki ruang pertemuan yang di-setting secara lesehan, duduk di atas karpet.

Acara ini dihadiri oleh berbagai unsur dari Islam, Katolik, Kristen maupun para perangkat RT dan RW sekitar Pastoran. Yang unik pula, acara ini dihadiri oleh banyak unsur orang muda lintas agama.

halal bilhalal 6

Halal bilhalal kebangsaan: Inilah suasana akrab dan hangat saat berlangsung acara halal bilhalal kebangsaan di Pastoran Kebon Dalem Semarang. (Dok. Komisi HAK KAS)

“Acara ini menjadi simpul silaturahim yang ditandai sikap saling hormat dalam keberagaman” ujar Romo Aloys Budi Purnomo Pr, Ketua Komisi HAK KAS yang juga menjadi Pastor Kepala Paroki Kebon Dalem dalam pengantarnya.

halal 5

Duet kasidahan dan saksofon alunan seorang pastor: Ketua Komisi Hubungan Antaragama (HAK) Keuskupan Agung Semarang Romo Aloys Budi Purnomo Pr bermain saxofon berkolaborasi dengan kasidahan Elbitha Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang di Pastoran Kebon Dalem. (Dok. Komisi HAK Keuskupan Agung Semarang)

Pada kesempatan memberikan pengantar, Romo Aloys memberikan kepada Bapak Fatquri Busyeri, Kepala TU Masjid Agung Jateng (MAJT), pesan Vatikan untuk menyambut Idul Fitri 1435 H dan buku yang ditulisnya, “Merajut Persaudaraan Sejati Lintas Iman”.

Kedua, Romo Aloys juga menayangkan video kolaborasi kasih, damai dan toleransi antara Tania Kassis, Mohammad Shaar dan Maen Zakaria yang melantunkan Adzan berpadu dengan lagu Ave Maria. Kecuali itu, Romo Aloys pun berkolaborasi dengan Group Kasidahan Elbitha mendaraskan satu lagu Islami.

Makna halal bihalal

Usai acara pembuka ini, Bapak Fatquri memberikan tausiyah kepada hadirin mengenai makna halal bihalal kebangsaan. Kepala TU MAJT yang sedang menyelesaikan tesis dalam studinya di Tiongkok itu dengan penuh humor memberikan sharing pengalaman kebangsaan yang dilandasi pada ketulusan.

halal 4

Siraman rohani: sebagian peserta halal bilhalal tekun mendengarkan tausiyah yang disampaikan Pak Fatquri dari Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang. (Dok. Komisi HAK KAS)

Hidup keagamaan yang tulus harus jadi titik berangkat merajut semangat kebangsaan. Allah menciptakan kita dalam takdir yang berbeda namun dipanggil untuk terus merajut kebersamaan dan kerja sama demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

Bangsa ini dianugerahi kekayaan alam dan kesuburannnya yang luar biasa. Kita sebagai warga bangsa dipanggil untuk mempertanggungjawabkannya. Tak ada alasan untuk saling membenci. Karenanya kita harus saling mengenal dengan baik. Pepatah mengatakan tak kenal tak sayang. Demikian antara lain yang disampaikan Fatquri.

halal 2

Sholat berjamaah di Pastoran Kebon Dalem: Dalam rangka acara halal biihalal kebangsaan, Pastoran Santo Fransiskus Xaverius Kebon Dalem Semarang menjadi tuan rumah bagi kegiatan keagamaan dengan nafas merajut semangat kebangsaan ini. (Dok. Komisi HAK KAS)

Semoga bangsa ini terus ditandai oleh rajutan lintasiman yang indah, bukan saling memfitnah apalagi menghancurkan satu sama lain. Maka, rajutan silaturahim dan silaturahmi harus terus diupayakan.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: