“Good People”, Perlukah Berbuat Benar?

good people

TOM Wright (James Franco) dan Anna Reed (Kate Hudson) menemukan uang tunai senilai £220 ribu atau setara dengan US$400 ribu dalam sebuah tas yang mereka temukan di loteng tetangga mereka. Jelas pasangan muda ini bagaikan kejatuhan rejeki dari langit sekaligus terkejut bukan kepalang. Lalu mau diapakan uang sebanyak itu?

Uang sebanyak itu amat sangat menawan hati. Apalagi mereka tengah terjepit persoalan finansial. Tagihan untuk bayaran apartemen sudah menanti. Mereka terancam diusir oleh pemilik apartemen. Sementara itu pekerjaan sebagai tukang renovasi rumah belum menampakkan hasil.

Maka pasangan muda Amrik yang merantau di London ini terlempar dalam dilema moral: apakah mengambil uang itu atau menyerahkan kepada yang berwajib. Dalam prinsip moral ada tiga hal yang harus dipegang, yakni tujuan baik, cara benar, dan tidak mengakibatkan kehancuran hidup.

Dalam keadaan tersebut Tom dan Anna tahu mengambil bukan miliknya adalah salah. Kendati si pemilik uang telah meninggal, uang tersebut bukan berarti bisa diambil begitu saja. Lalu muncul pertanyaan, “Apakah salah bila uang tak bertuan ini untuk membayar hutang? Apakah itu salah bila uangnya dipakai untuk terapi kesuburan agar memiliki keturunan?”

Terpaksa atau apa?
Sebenarnya tidak ada orang pada dirinya memiliki maksud jahat. Namun kadang kala tekanan hidup, khususnya tuntutan finansial membuat orang memilih untuk menjebol keutamaan dan prinsip kebaikan. Akhirnya karena merasa uang itu tidak bertuan, maka Tom dan Anna menggunakannya untuk menyelamatkan keluarga mungilnya.

Ternyata uang merubah semuanya. Ketika semua terlihat lancar, uang tersebut membuka rentetan tindakan brutal kriminalis. Pasalnya Jack Witkowski (Sam Spruell) mencari tas uang tersebut. Disusul kedatangan Khan (Omar Sy), lawan bisnisnya Jack yang mencari tas berisi narkoba yang dicolong.

Keduanya memiliki urusan yang sama, mengambil hak mereka: uang dan narkoba. Keduanya sama-sama dipertemukan kepada pasangan Tom-Anna.

Akibatnya pasangan sederhana ini masuk ke dalam jaringan gang narkoba. Beruntung sekali Tom dan Anna kemudian dibantu oleh detektif John Halden (Tom Wilkinson). Dalam penyelesaian persoalan, mereka tetap tidak memihak Jack ataupun Khan, yang mana keduanya adalah begundal kejahatan narkoba yang kejam.
Tom dan Anna tahu, mengambil uang tersebut akan mengakibatkan kehancuran hidup. Mereka berdua bersama John berusaha menegakkan bahwa mereka yang tidak bersalah tidak seharusnya dijadikan korban.

Dengan menyaksikan pergulatan Tom dan Anna sangat kentara kalau film berjudul Good People ini bukan pertama-tama hendak menampilkan soal godaan uang, tetapi usaha hidup untuk menjadi orang benar.

Good People terkesan membuat lompatan logika cerita, seperti Tom dan Anna yang secara otomatis berkembang karakternya dari yang semula innocent dan jauh dari dunia kekerasan; tapi kemudian berperan sebagai tokoh yang cerdik dan pintar melawan penjahat seperti tokoh cilik di Home Alone. Juga John Halden benar-benar tampil sebagai detektif tua yang lamban ala Inggris, bukan aksi laga. John si penegak hukum nampak kurang mampu menyelesaikan kasus.

Terlepas dari kesan di atas, secara umum film Good People lumayan menghibur. Selamat menonton.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: