GEMBALA adalah pemilik domba, punya hubungan khusus dengan domba-dombakarena ia kenal dengan domba-dombanya, sehingga domba-domba juga mengenal suaranya Ini tidak terjadi pada gembala upahan. Gembala yang baik menjaga domba-dombanya, bahkan mempertaruhkan nyawanya demi domba-dombanya. Maka dapat dikatakan gembala yang baik memiliki kasih, memiliki tanggung-jawab, ada kerelaan berkorban dan memperjuangkan kehidupan domba-domba. Ia tahu harus dibawa kemana domba-domba itu supaya men-dapatkan rumput yang hijau.

Gembala baik adalah Tuhan Yesus sendiri. Sedangkan kita adalah domba-dombanya. Maka domba yang berkenan pada gembala perlu mengenal suara gembalanya, bisa membedakan antara suara gembalanya dan yang bukan suara Tuhan. Lebih-lebih pada zaman sekarang, banyak suara-suara yang non gerejani dimasukkan. Kecuali itu domba-domba supaya selamat harus mengikuti gembalanya dan menaati perintahnya.

Kesulitan pokok sekarang ini ialah bahwa Gembala yang baik ini (Kristus) telah menyerah-kan kuasa kegembalaan-Nya kepada Gereja, konkritnya kepada para uskup dan para imam. Dan karena Pastor sekarang itu bertambah banyak sekali, maka penggembalaan itu juga dibagi-bagi, sehingga Pastor sebagai domba-domba Yesus dapat terjangkau oleh petugas Gereja sebagai perpanjangan tangan dari Yesus sendiri.

Maka menjadi jelaslah bagi kita bahwa para imam yang diserahi tugas dalam penggembalaan Pastor bersama para petugas pastoral dan Dewan Paroki punya kewajiban memperdengarkan suara Kristus senantiasa, sehingga Pastor akan mendengar suara Sang Gembala Utama.

Menjadi gembala Pastor memiliki tugas pokok: mempersatukan Pastor, mengajar Pastor, menguduskan Pastor, antara lain merayakan sakramen-sakramen, khususnya Ekaristi dan memimpin Pastor (dalam arti melayani dan mempersatukan). Sebaliknya, Pastor diharapkan mampu membedakan mana yang suara Tuhan dan manakah yang bukan. Dalam hal ini Pastor diajak untuk lebih kritis membedakan ajaran Gereja yang sungguh atau yang bukan.

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.