Ganti Nama

7 Juli - RmT

“Lalu kata orang itu, ‘Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.’”  (Kej 32, 28) 

BEBERAPA waktu yang lalu, Sultan Yogya mengeluarkan Sabda Raja. Salah satu isinya adalah perubahan nama dan gelar yang disandangnya. Perubahan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan makna atau arti dari sebuah nama. Perubahan nama tersebut disampaikan kepada banyak pihak, baik kepada keluarga kraton maupun pihak luar.

Perubahan nama memang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang dengan berbagai macam alasan atau pertimbangan. Perubahan nama tidak hanya dialami oleh orang yang masih hidup. Tetapi orang yang sudah meninggalpun ada yang diganti namanya, yakni nama yang tertera di dalam batu nisan.

Yakub merupakan salah satu pribadi yang berganti nama. Namanya tidak lagi disebut ‘Yakub’, tetapi ‘Israel.’ Beberapa sumber menyebutkan bahwa nama ‘Yakub’, artinya cerdik. Kecerdikan yang membuat seseorang berbohong atau berdusta. Maka ‘Yakub’ juga berarti pendusta. Arti nama ini akan menjadi semakin jelas, kalau kita membaca berbagai kisah hidup yang dialami oleh Yakub. Misalnya pada saat Yakub mau memperoleh hak kesulungan, yang mestinya menjadi milik Esau. Yakub memang berdusta dan membohongi ayahnya dengan bantuan ibunya. Demikian juga kisah hidup bersama dengan Laban. Ada banyak dusta dan kebohongan yang terjadi di dalam relasi antar mereka.

Bohong atau dusta merupakan tindakan yang jahat. Ini merupakan kebiasaan yang tidak benar dan tidak baik. Kenyataan dan kesadaran inilah yang menjadi pergumulan Yakub di dalam hidupnya. Pergumulan yang membutuhkan waktu lama, yakni sepanjang malam atau sampai fajar menyingsing. Pergumulan hidup yang melibatkan dan menghadapkan dirinya dengan Allah. Pergumulan hidup yang membuat dirinya mengalami kesakitan dan penderitaan. Pergumulan hidup bersama Allah itu akhirnya menjadikan Yakub sebagai pribadi yang baru; tidak lagi disebut pendusta atau pembohong.

Pergumulan hidup macam apa yang pernah terjadi di dalam hidupku?

Teman-teman selamat malam dan selamat beristirahat. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply