Firman Tuhan Meneguhkan

Ayat bacaan: Mazmur 119:28
======================
“Jiwaku menangis karena duka hati, teguhkanlah aku sesuai dengan firman-Mu”

firman Tuhan meneguhkan

Seorang teman tengah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Ia mengalami kecelakaan sehingga dua gigi depannya patah disamping beberapa luka dan memar di sebagian tubuh. Tidak lama setelah itu ia masuk rumah sakit karena penyakit maagnya kambuh dan harus diopname lebih dari seminggu. Tidaklah mudah baginya untuk menghadapi ini semua sendirian, apalagi ia seorang wanita. Membayangkan dirinya sebagai wanita tanpa gigi depan tentu menjatuhkan percaya dirinya. Mendengar itu, saya pun kemudian meneleponnya beberapa kali untuk menguatkan dirinya. Kepadanya saya menyampaikan firman-firman Tuhan secara sederhana agar ia bisa lebih tegar dan kembali bangkit. Puji Tuhan hasilnya ternyata cepat terasa. Dalam waktu singkat ia pulih dan kembali bangkit. Tadinya ia tidak mau keluar kamar karena malu, sekarang ia sudah beraktivitas kembali seperti biasa. Firman Tuhan terbukti mampu meneguhkannya.

Daud adalah orang yang sudah merasakan jatuh bangunnya hidup sejak kecil. Meski ada banyak masalah yang ia hadapi sepanjang hidupnya, kita tahu bahwa semua itu tidak mempengaruhi hubungannya dengan Tuhan. Berulang kali kita melihat bagaimana ia masih tetap mampu bersikap positif bahkan memuji Tuhan justru ketika ia sedang berada ditengah-tengah situasi sulit. Ada waktu-waktu dimana ia lemah, seperti kita ia pun pernah jatuh, namun Daud tetap bisa memperbaiki semuanya dan kembali berjalan dengan benar. Dalam pembuka kitab Mazmur ia menulis: “Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.” (Mazmur 1:1-3).

Dalam Mazmur 119 kita bisa kembali menyaksikan pesan yang sama, kali ini diuraikan panjang lebar mulai dari pasal 1 sampai 176. Judul perikopnya adalah “bahagianya orang yang hidup menurut Taurat Tuhan.” Ayat-ayat pada kitab Mazmur 119 sangat mampu meneguhkan kita, terlebih ketika kita menghadapi situasi sulit yang cepat atau lambat bisa membuat kita putus asa dan kehilangan harapan. Ketika jiwa kita “melekat pada debu”, kita dihidupkan kembali lewat firman Tuhan (Mazmur 119:25). Ketika jiwa kita berduka, kita diteguhkan lewat firman Tuhan (ay 28). Ketika jalan dusta mengancam kita, kita bisa mengikuti kebenaran firmanNya (ay 29-30). Dan hati kita pun bisa menjadi lapang dan lega, dibebaskan dari segala kesesakan, jika kita menuruti firman Tuhan. (ay 32). Firman Tuhan punya kuasa, dan sanggup meneguhkan kita.

Pengharapan ada dalam Kristus. Roh Kudus akan selalu membimbing, dan kekuatan serta hikmat ada dari Tuhan, yang salah satunya kita peroleh lewat firman-firmanNya yang meneguhkan. Firman Tuhan selalu sanggup memberi solusi atau jawaban atas setiap pertanyaan kita, memberi jalan keluar yang terbaik. Firman Tuhan pun sanggup memberi kekuatan dan kembali membangkitkan semangat kita. Dari firman-firman yang hidup itu kita tahu bahwa kita tidak berjalan sendirian, sebab Tuhan selalu siap menopang kita. Bahkan kalaupun kita harus melewati lembah yang paling gelap sekalipun Tuhan tetap selalu ada bersama kita, melindungi dan menghibur kita. “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.” (Mazmur 23:4).

Di samping itu jangan lupa bahwa disaat kita mampu, ada banyak saudara-saudara kita yang masih sangat membutuhkan uluran tangan. Karena itu, ingatlah selalu bahwa kita bisa menjadi representasi kasih Yesus kepada sesama kita. Apapun yang kita buat untuk mereka, walau sekecil apapun, artinya kita melakukannya untuk Yesus (Matius 25:40). Dan ingat pula bahwa semua itu merupakan korban yang berkenan di hadapan Bapa. “Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.” (Ibrani 13:16).

Ada ratusan bahkan jutaan orang yang saat ini tengah bergumul dengan kesusahan dan penderitaan. Ada begitu banyak orang yang belum mengenal Yesus, masih hidup dalam ketidakpastian tanpa adanya secercah pengharapan. Mungkin bagi kita juga, ada saat-saat dimana kita bergumul dengan masalah dan kehilangan pengharapan. Tapi lihatlah ada begitu banyak pesan Tuhan dalam firman-firmanNya yang meneguhkan, dan mengingatkan kita bahwa kita tidak perlu takut jika Yesus ada beserta kita. Dalam menghadapi beban masalah seberat apapun, berpeganglah pada janji-janji Tuhan. Ada pengharapan, bimbingan dan petunjuk yang mampu menolong dalam setiap saat, dan semuanya ada dalam firman Tuhan. Anda butuh diteguhkan? Kembalilah kepada firman Tuhan sekarang juga.

Firman Tuhan mampu menyegarkan jiwa dan mengembalikan kekuatan serta keteguhan

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: