Fatamorgana

Ayat bacaan:Mat 24:24-25
=========================
Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.”

fatamorgana

Fatamorgana adalah sebuah fenomena menarik yang dapat kita lihat dengan kasat mata. Umumnya fenomena ini terjadi di gurun pasir. Orang seolah melihat sebuah oase, kumpulan air seperti kolam, danau, atau terkadang bisa pula melihat bayangan sebuah kota, yang ketika di tuju ke lokasi penglihatan ternyata tidak ada. Apa yang mereka lihat sebenarnya adalah pantulan dari langit yang timbul akibat pantulan udara panas yang berfungsi seperti sebuah cermin. Meskipun biasanya sebuah fatamorgana terjadi di gurun yang luas, tapi sebenarnya fatamorgana juga dapat kita saksikan di tengah kota. Saya sering melihat bayangan genangan air di atas aspal yang panas ketika sedang mengendarai mobil yang tidak lain adalah akibat pantulan yang membentuk sebuah fatamorgana.

Dalam menghadapi masalah hidup yang gersang dan panas seperti gurun pasir, orang akan rindu akan kehadiran oase yang bisa menyejukkan. Sayangnya seperti juga penampakan bayangan oase yang ternyata tidak ada, apa yang ditawarkan dunia pun seringkali hanya berupa fatamorgana. Kuasa gelap bisa seolah-olah menawarkan kesembuhan, kekayaan, berbagai mukjizat yang kelihatan luar biasa, tapi semua pemberian itu hanyalah bentuk tipu muslihat iblis untuk mencuri, membunuh dan membinasakan manusia. Iblis dengan segala tipu dayanya akan terus berusaha memanipulasi manusia dengan berbagai kemudahan dan keuntungan dan tanpa kita sadari kita masuk dalam jeratnya yang membinasakan. Lihatlah di kalangan generasi muda, baju-baju, atribut bergambar tengkorak dan bertuliskan simbol-simbol kuasa kegelapan menjadi sesuatu yang dianggap cool, trendy dan gagah. Ini salah satu tipu daya iblis yang mempengaruhi generasi muda. Selain itu okultisme atau praktek-praktek perdukunan pun bisa seolah-olah terlihat sebagai solusi cepat dalam mengatasi permasalahan manusia, baik itu masalah kesehatan, kekayaan, jodoh dan lain-lain. Hal ini sudah diingatkan oleh Yesus sejak jauh hari seperti yang bisa kita baca pada ayat bacaan hari ini. Iblis memang licik dan selalu mencobai manusia. Bahkan iblis berani mencobai Yesus. “Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.” (Mat 4:8-9). Ya, semua bisa diberikan oleh iblis, tapi semua itu hanyalah tipuan yang tidak gratis, karena kita akan masuk ke dalam jebakan iblis yang akan meminta tumbal, membuat kita terus terikat tanpa akhir bahkan berujung pada siksa kekal di neraka. Bagaimana Yesus menyikapi bujukan iblis tersebut? Lihatlah jawaban Yesus yang tegas. “Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” (Matius 4:10)

Tawaran-tawaran dari kuasa kegelapan memang bisa terlihat menggiurkan, tapi hanyalah seperti fatamorgana saja. Di luar kelihatan baik, tapi di dalam menghancurkan dan membawa manusia pada kebinasaan. Pengaruh ini bukan hanya marak terjadi di jaman sekarang seperti iklan-iklan sms berbau okultisme yang membanjiri televisi, tapi jauh sebelumnya sudah pula menimpa jemaat Galatia. Paulus pun menegur mereka. “Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.” (Gal 1:6-7). Kita harus tetap waspada dengan tipuan-tipuan iblis di dunia. Mata manusia mudah tertipu oleh fatamorgana iblis, karenanya, selalu pergunakan firman Tuhan sebagai kacamata kita untuk melihat segalanya dengan kasat mata. “Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.” (Efesus 6:10-11)

Hati-hati jangan sampai tertipu oleh fatamorgana ciptaan kuasa kegelapan

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Comment