Dukungan Komunitas

MANUSIA adalah mahluk sosial yang membutuhkan relasi dan interaksi dengan sesamanya. Untuk dapat hidup, bertumbuh dan berkembang, kita memerlukan bantuan dari orang lain. Kita tidak dapat berjuang sendirian dalam menapaki kehidupan yang penuh dengan berbagai ujian. Karena dengan berjalannya waktu, tenaga kita akan terkuras habis, dan pada akhirnya kita akan mengalami kelelahan jasmani dan kelumpuhan rohani.

Injil pada hari ini mengisahkan kegigihan teman-teman orang yang lumpuh. Mereka berjuang tanpa kenal lelah untuk membawanya ke hadapan Yesus. Melihat iman mereka, hati Yesus tergerak dan Ia pun memulihkan jasmani dan rohani si lumpuh.

Sebagaimana orang yang lumpuh mengalami kesembuhan berkat bantuan teman-temannya, kita pun membutuhkan pertolongan dari teman-teman di dalam komunitas agar kita dapat bangkit dari keterpurukan. Lewat dukungan, penghiburan, nasihat dan doa-doa mereka, kita disegarkan, diarahkan dan dihantarkan untuk kembali dekat dengan Tuhan. Dengan demikian kita dapat melanjutkan perjalanan hidup ini dengan semangat dan kekuatan baru, melangkah dengan iman menuju jalan keselamatan.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply