Duh, 40 Persen Angkatan Kerja Muda Lulusan SD!

Peneliti senior Lembaga Demografi Universitas Indonesia Prof Sri Moertiningsih Adioetomo mengungkapkan, sampai saat ini masih banyak angkatan kerja muda berketerampilan rendah mengingat 40 persen yang masuk pasar kerja adalah lulusan SD.

“Kalau lulusan SD punya ketrampilan apa? Jika seperti itu, bagaimana dapat memanfaatkan peluang untuk memicu pertumbuhan ekonomi,” kata Prof Sri Moertiningsih Adioetomo di Semarang, Senin.

Hal tersebut disampaikan seusai acara sosialisasi Forum Masyarakat Statistik dan pemaparan “youth employment” di Gedung LP2MP Widya Puraya Universitas Diponegoro Semarang.

Ia mengatakan bahwa adanya penurunan kelahiran menyebabkan pertumbuhan penduduk muda relatif stabil dari tahun 1990 hingga tahun 2010. Tetapi jumlahnya masih besar, sekitar 40 juta angkatan muda usia 15 hingga 24 tahun. Dari 40-an juta tersebut, sekitar separuhnya telah masuk pasar kerja dengan pendidikan rendah dan tanpa keterampilan.

Krisis ketrampilan tersebut terbukti separuh pekerja contohnya di industri elektronik bekerja sebagai operator dan perakit dengan nilai tambah 3,1 persen dari seluruh subsektor di industri manufaktur.

Sementara 20 juta angkatan kerja lainnya 27 persen menjadi penganggur atau pencari kerja atau jauh lebih tinggi dari tingkat pengangguran seluruhnya (sebagian penganggur adalah orang muda).

Prof Sri Moertiningsih mengatakan bahwa sampai tahun 2015, profil angkatan kerja di Indonesia masih banyak diwarnai oleh mereka yang berpendidikan SD dan sebagian tamat SMP/SMA.

“Lebih dikhawatirkan lagi, apabila penduduk dalam angkatan kerja tersebut menjadi orang tua. Apakah mereka mampu memenuhi kebutuhan dasar pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak mereka,” katanya.

Kondisi tersebut seharusnya segera direspon oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk menangani angkatan kerja muda untuk dilakukan pelatihan dan peningkatan ketrampilan. Sementara dari Kementerian Pendidikan, harus menggarapnya dengan adanya pendidikan ekstrakurikuler agar lulusan sekolah bisa memiliki ketrampilan.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply