Donasi untuk Projek Pembangunan Lembah Karmel di Serapu, Merauke

Romo-Yohanes-Indrakusuma-OCarm-di-Lembah-Karmel-Cikanyere

SEPEKAN yang lalu, pastor bersama dengan panitia membuat proposal untuk meminta partisipasi dari umat dan sekaligus sosialisasi di umat tentang pembangunan di Serapu. Pembangunan tidak boleh diborong/ditanggung/dikerjakan oleh satu orang.

Di proposal awal, pastor masih menggunakan Lembah Karmel di Merauke. Di awal proposal penasehat/pelindung adalah Mgr. Nico Adiseputra MSC, penanggungjawab adalah Pastor Titus Budiyanto, Ketua Pembangunan Yohanes Tjahjadi, Bagian Pembangunan Fransiskus Tjahjadi, Bagian Penghubung adalah volunter Agus.

Beberapa hari lalu, persisnya 12 juni 2015 jam 1105 wit panitia menghadap Mgr. Nicolaus Adiseputra MSC untuk konsultasi tentang hal di atas. Beliau merevisi isi proposal dan susunan panitia. Berikut adalah proposal yang sudah diubah oleh beliau:

———————-

Perihal: Permohonan bantuan pembangunan “Wisma Lembah Karmel” di Merauke
Lampiran : 2 Lembar

Kepada Yth
Para Donatur
Di tempat

Damai Tuhan kita Yesus Kristus kiranya menyertai kita semua.

Mgr. Nicolaus Adi Seputra MSC memiliki kerinduan untuk menghadirkan di Keuskupan Agung Merauke, Wisma Lembah Karmel (WLK).

WLK direncanakan menjadi pusat pembinaan spiritualitas bagi umat, dengan menimba kekayaan spiritual Ordo Karmel. Diharapkan banyak umat bisa berekreasi di akhir pekan, rekoleksi keluarga, misa syukur dengan ujud penyembuhan setiap bulan, mengikuti retret pohon keluarga atau retret-retret yang lain. WLK juga bisa menjadi tempat pembinaan bagi pemimpin umat, retret bagi kaum imam atau biarawan-biarawati, dan lain-lain

Romo Yohanes Indrakusuma CSE menuturkan melalui email kerinduan di atas, berkaitan dengan sharing Mgr. Nicolaus Adiseputra ketika datang berkunjung ke Lembah Karmel. Mgr. menceritakan situasi Keuskupan Agung Merauke dan kebutuhan tenaga, baik imam, religius maupun guru-guru. Beliau menyampaikan keprihatinannya bahwa sulit sekali mencari guru-guru awam yang mau bekerja di Merauke.

Mendengar hal itu hati Romo Yohanes tergugah. Beliau dengan bantuan para relawan bertekad untuk mewujudkan harapan itu.

Oleh karena itu Romo Yohanes Indrakusuma CSE, (pendiri pertapaan Puteri karmel, pertapaan CSE, dan Komunitas Tri Tunggal Mahakudus) bersama dengan dewan penasihatnya memberikan tanggapan dengan positif. Telah disepakati oleh tim gembala untuk membangun “Wisma Lembah Karmel di Serapu, Kabupaten Merauke, di areal tanah dengan luas 5 ha, yang telah dihibahkan kepada pihak pertapaan Puteri karmel.

Beliau berharap semoga pusat kerohanian ini dapat membantu perkembangan iman umat katolik di Keuskupan Agung Merauke.

Pembangunan WLK segera akan dimulai di areal tanah tersebut karena lahan sudah dibuka dan kayu-kayu sudah mulai diantar ke lokasi pembangunan kamis tanggal 11 juni 2015. Kayu-kayu tersebut untuk membangun bangunan utama. Bangunan utama yang hendak segera dibangun dalam tempo satu tahun kedepan yakni kapela berukuran 15 x 20 meter, ruang pertemuan berukuran 10 x 15 meter, ruang menginap untuk lelaki dan wanita masing-masing dapat memuat 30 orang, rumah volunteer dengan 6 kamar tidur, pondok-pondok tapa 5 unit dan rumah untuk menginap para pastor atau uskup, ruang dapur untuk memasak dan ruangan makan bersama.

Seluruh bangunan tersebut diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp. 900. 000. 000,00 (Sembilan ratus juta rupiah).

Besar harapan kami bahwa, Anda berpartisipasi membangun WLK di Keuskupan Agung Merauke. Partisipasi anda bisa dikirimkan ke nomer rekening

  • 3591023985 Bank Danamon Merauke a/n  Maria Yohanna dan Linda Liliyanti Tjahyadi
  • atau menyerahkan langsung ke panitia dan atau yang membawa daftar sumbangan.

Tuhan memberkati.

Ketua: Yohanes Tjahyadi
Mengetahui: Pastor Titus Budiyanto, Pr
Penanggungjawab: Mgr. Nicolaus Adiseputra, MSC
PS: Untuk mengetahui detil rencana pembangunan WLK di Serapu, Keuskupan Agung Merauke ini, para donatur bisa menghubungi Pastor Titus Budiyanto Pr melalui email titusbudiyantopr@gmail.com

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply