Doa Tobat

bertobat by familiesHARI ini, kita memasuki Adven II. Dalam sabda Tuhan, Yohanes Pembaptis mengajak kita bertobat untuk mempersiapkan jalan Tuhan. Saya tertarik dengan kata bertobat. Di Gereja Katolik ada Doa Tobat. Doa ini dipakai para peniten sebelum mendapat absolusi dari imam saat pengakuan dosa. Doa tobat “Allah yang maharahim (mengapa menggunakan kata rahim? Rahim adalah bagian organ […]

bertobat by families

HARI ini, kita memasuki Adven II. Dalam sabda Tuhan, Yohanes Pembaptis mengajak kita bertobat untuk mempersiapkan jalan Tuhan.

Saya tertarik dengan kata bertobat. Di Gereja Katolik ada Doa Tobat. Doa ini dipakai para peniten sebelum mendapat absolusi dari imam saat pengakuan dosa.

Doa tobat
“Allah yang maharahim (mengapa menggunakan kata rahim? Rahim adalah bagian organ wanita yang melindungi bayi. Dengan kata lain, Allah kita adalah Allah pelindung)
aku menyesal atas dosa-dosaku (orang yang menyesal adalah orang yang beriman dan berhati. Jika hatinya mati dan tak beriman, maka orang itu tidak akan menyesal akan dosanya).

Aku sungguh patut Engkau hukum (Allah kita bukan Allah penghukum. Hukum ini bermaksud membantu orang terarah kepada Allah melalui doa-doa saat sakramen tobat. Hukuman Allah tidak pernah mencederai, tetapi membawa kepada kebenaran), terutama karena aku telah tidak setia kepada Engkau yang maha pengasih dan mahabaik bagiku (setia menjadi modal awal orang beriman. Orang yang tidak setia menjadi akar untuk berbuat dosa)

Aku benci (orang yang benci pasti tidak akan menyapa orang yang dibencinya. Dengan kata lain, kita juga tidak mau menyentuh perbuatan dosa itu karna kita membenci) akan segala dosaku, dan berjanji (janji adalah niat suci untuk melakukan hal baik) dengan pertolongan (kita adalah manusia rapuh dan lemah. Kita butuh pertolongan Allah untuk berani memilah mana yang baik dan jahat) rahmat-Mu hendak memperbaiki hidupku da tidak akan berbuat dosa lagi. Allah yang maha-murah, ampunilah aku, orang berdosa.”

Demikianlah makna dari Doa Tobat. Apakah anda sudah menerima Sakramen Tobat untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan di hati dan hidup kita? Mari kita manfaatkan kesempatan pengakuan dosa yang ada di paroki kita.

Feel free untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply