Dikasihi Allah, Disukai Manusia (2)

Ayat bacaan: Roma 14:17
====================
“Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.”

dikasihi Allah, disukai manusia

Ada seorang teman ketika SMP yang selalu ditertawakan karena sifatnya. Ketika orang bercerita tentang sebuah band musik, dia tiba-tiba datang dan nyeletuk “ih, band setan!” Ketika orang bicara tentang artis atau film, dia akan berkomentar “huh, film setan, artis setan.” baginya kehidupan duniawi setara dengan setan. “Awas, nanti masuk neraka loh..” , “dikutuk Tuhan ntar..” dan lain-lain, itu semua hampir jadi makanan sehari-hari. Tidak salah memang untuk menasihati orang lain, karena itu merupakan bentuk kepedulian, tetapi jika dilakukan dengan cara yang ekstrim? Bagaimana orang bisa mengenal Tuhan Yesus jika melihat Kristen sebagai sebuah mahluk paranoid dan tidak gaul? Bukannya membawa orang untuk mengenal Yesus, tapi malah semakin menjauh.

Melanjutkan renungan kemarin, kita sudah melihat bagaimana Yesus bisa memberi teladan bagaimana hikmatNya tumbuh semakin besar seiring diriNya bertumbuh, dan semakin dikasihi Tuhan, juga manusia. Ada tokoh-tokoh alkitab lain yang bisa kita jadikan panutan seperti Daniel, Abraham dan lain-lain. Mereka adalah orang-orang yang berkenan di hadapan Allah, sekaligus dihormati oleh manusia. Ayat bacaan hari ini memberitahukan tips untuk itu secara lebih jelas. Kebenaran, sukacita dan damai sejahtera dari Roh Kudus akan membuat hubungan kita dengan sesama menjadi baik. Kita akan senyum dengan tulus, selalu kelihatan riang, optimis dalam kondisi apapun, karena adanya sukacita. Kita tidak akan memusuhi siapapun karena kita punya damai sejahtera. Kita tidak menyebar gosip atau berburuk sangka karena kita selalu mendasarkan sesuatu pada kebenaran. Dan di saat bersamaan, Tuhan pun berkenan pada kita. Orang akan merasa gembira dan damai ketika mereka ada di dekat anda.

Adalah penting bagi anak2 Tuhan untuk dikasihi Tuhan dan disenangi manusia pada saat bersamaan. Sebagian orang berkata bahwa hal ini sulit, tapi sebenarnya tidaklah demikian. Dengan bercermin pada pribadi Yesus dan beberapa tokoh-tokoh lain yang ada di dalam alkitab, kita tahu bahwa hal itu tidaklah sulit. Jika kita mengijinkan Roh Kudus bekerja dalam diri kita, dan memberikan kebenaran, sukacita dan damai sejahtera, kita bisa menjadi sosok yang dikasihi Tuhan sekaligus disenangi sesama. Dengan cara inilah kita bisa melayani Tuhan Yesus dengan benar.

Jadilah teladan agar nama Tuhan dipermuliakan dalam kehidupan kita

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply