Petrus4

Tanggal 31 Desember 2017 pukul 12.20 WIB, Pastor Petrus Rostandy OFMCap yang bersama beberapa tokoh awam pernah mendirikan sebuah yayasan pendidikan, yang pernah menjadi kepala paroki Katedral Pontianak, yang pernah menjadi Vikjen Keuskupan Agung Pontianak dan yang selama dua periode menjadi provinsial OFMCap meninggal karena sakit di Rumah Sakit Mitra Medika Pontianak.

Setelah disemayamkan di kapel Rumah Retret Tirta Ria dan Misa Requiem di Gereja Santo Agustinus, imam yang lahir di Pontianak, 6 Desember 1942, dengan nama Simon Rostandy dari pasangan Cosmas Tan Tek Hong dan Lucia Ang Hui Khim itu dimakamkan di Kerkop Santo Yusuf Sungai Raya, 2 Januari 2018.

Menurut catatan yang beredar, benih panggilan imamatnya sudah tumbuh di hati Simon sejak dia menjadi putra altar dan ibunya aktif di gereja. Maka, tanggal 1 Agustus 1964, Simon masuk Komunitas Ordo Fransiskan Kapusin, dan mengganti namanya dari Simon menjadi Petrus sejak belajar di Seminari Tinggi Parapat di Sumatera Utara.

Setelah mengucapkan kaul kekal, 2 Agustus 1969, Frater Petrus Rostandy OFMCap menerima tahbisan imamat dari Uskup Agung Pontianak saat itu, Mgr Hieronymus Herculanus Bumbun OMFCap, di Gereja Katedral Pontianak, 15 Juli 1972.

Setelah kembali dari Roma dengan lisensiat di bidang sosiologi, imam itu bertahun-tahun berkecimpung di Perguruan Tinggi Widya Dharma Pontianak dan bersama Petrus Djuman, Widjaja Tandra, dan Peit Andjioe Nyangun mendirikan Yayasan Widya Dharma yang menaungi STIE Widya Dharma (WD), STMIK Widya Dharma, ASM Widya Dharma, ABA Widya Dharma yang semuanya berlokasi di Pontianak.

Mantan kepala Paroki Katedral Pontianak (1979-2003 dan 2009-1010)  serta Vikjen Keuskupan Pontianak (1989-2006) itu pernah mejabat provinsial OFMCap (2003-2009) setelah sebelumnya menjadi anggota Dewan Pimpinan Ordo (1976-2003).

Selain menjadi moderator WKRI dan PMKRI Pontianak, dan tetap mengurusi Yayasan Widya Dharma, Yayasan Gembala Baik, dan Legio Maria, Pastor Petrus Rostandy OFMCap pernah juga menjadi Ketua Dewan Pembina Yayasan Sabatu yang menaungi Pusat Rehabilitasi Anak-anak Cacat Fisik di Pontianak.(aop)

Petrus3

Petrus

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.