13 Juli - RmT

“Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja, dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat, yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu.” (Kel 1, 13-14)

ORANG Israel adalah keturunan Yakub, Ishak dan Abraham. Mereka adalah orang-orang yang setia terhadap Allah. Mereka hidup menurut rencana dan kehendak Allah. Mereka melakukan dengan sepenuh hati apa yang Tuhan kehendaki. Mereka ini adalah pribadi yang terpilih dan terberkati. Bahkan Tuhan pun memberkati, menjaga dan melindungi keturunan mereka.

Karena bencana kelaparan, mereka harus mengungsi ke Mesir. Peristiwa inipun mereka sadari sebagai kenyataan yang sudah dikehendaki oleh Tuhan, yakni dengan mengutus Yusuf terlebih dahulu. Ulah saudara-saudara yang menjual dirinya kepada saudagar Mesir merupakan suatu kejahatan. Namun demikian Yusuf akhirnya melihat bahwa peristiwa itu merupakan rencana Tuhan untuk menyelamatkan ayah dan saudara-saudaranya.

Sesuatu yang nampaknya jahat ternyata bisa dilihat dan diterima secara lain, yakni kenyataan yang menyembunyikan kebaikan atau rencana Tuhan. Di Mesir, mereka tidak hanya mendapatkan makanan yang cukup. Mereka juga mengalami penindasan dan kerja berat, setelah jumlahnya semakin banyak. Sekalipun mereka ditindas, mereka malahan semakin semakin bertambah banyak dan berkembang.

Pengalaman mereka memberikan pesan bahwa orang-orang yang terpilih dan terberkati tetap tidak bisa lepas dari penderitaan dan kehidupan yang sulit. Berkat dan anugerah yang telah Tuhan berikan kepada manusia tidak akan menghapus atau meniadakan kesulitan atau penderitaan. Rahmat Tuhan pun tidak akan hilang dan sirna, sekalipun umat-Nya berada dalam kerja keras dan perjuangan hidup yang tidak mudah. Inilah yang bisa menjadi suatu peneguhan bagi kita.

Teman-teman selamat malam dan selamat beristirahat. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.