“Chef”, Setiap Masakan Itu Punya Kisah

chef2FILM  anyar Chef merupakan film yang baik untuk ditonton oleh semua kalangan umur. Ada dua hal yang menarik dari film drama yang berdurasi 115 menit ini. Pertama, film Chef  membuka mata saya bahwa ketenaran sebuah restoran atau rumah makan sebenarnya bergantung dari kreativitas chef-nya. Bisa dikatakan bahwa seorang chef memegang kendali kelangsungan restoran dari dapur. […]

chef2

FILM  anyar Chef merupakan film yang baik untuk ditonton oleh semua kalangan umur. Ada dua hal yang menarik dari film drama yang berdurasi 115 menit ini.

Pertama, film Chef  membuka mata saya bahwa ketenaran sebuah restoran atau rumah makan sebenarnya bergantung dari kreativitas chef-nya. Bisa dikatakan bahwa seorang chef memegang kendali kelangsungan restoran dari dapur.

Seorang chef tugasnya bukan hanya menyusun menu dan memasak di dapur. Misi seorang chef pertama-tama ialah membahagiakan lidah dan perut konsumen lewat masakannya. Untuk membahagiakan tersebut, seorang chef akan mempertaruhkan seluruh waktu dan keahliannya guna mengeksplorasi perpaduan bumbu dan jenis masakan.

Itulah yang dilakukan oleh Carl Casper (Jon Favreau), seorang chef dari sebuah restoran di Los Angeles. Usaha untuk mengembangkan kreativitas kemampuannya dalam membuat masakan tak perlu diragukan. Ia dengan temannya, Martin (John Leguizamo) tiada kenal lelah “melakukan riset di laboratorium” untuk meramu jenis masakan baru dan joss.

Usaha berhasil bila si penikmat bisa bilang, “mak nyoosss.” Saking lezatnya.

Dapur Keluarga
Kedua, ternyata dunia makanan bisa mereparasi keretakan relasi keluarga. Film Chef juga menyuguhkan bagaimana Carl mengelola “dapur” keluarganya.

Chef Carl telah bercerai. Di sela-sela pekerjaannya, ia berusaha untuk tetap menjalin hubungan dan mendidik anak semata wayangnya (Emjay Anthony). Hal yang menarik ialah Carl menggunakan dunianya untuk mengakrabkan hubungannya dengan anak. Dan ini berhasil.

Tanpa dinyana, mantan istrinya meminta Carl untuk mengasuh anak mereka selama bertugas di Miami.

Kebetulan Carl baru saja dipecat oleh Riva (Dustin Hoffman) sang pemilik restoran lantaran ngotot untuk mengembangkan menu restoran tanpa persetujuan Riva. Ditambah lagi nasib sial yang menimpanya. Suatu kali Carl marah tak terkendali terhadap pemilik blogger makanan yang bernama Ramsey Michel (Oliver Platt) yang mencerca masakannya.

chef

Cuban Sandwich: Melalui minivan, chef ini berhasil membangun kerajaan bisnisnya sendiri dengan menjual cuban sandwich. (Ist)

Peristiwa itu segera diunggah di YouTube sehingga dalam sekejap dapat dilihat jutaan pengunjung. Karenanya Carl menyandang reputasi buruk.

Justru keadaan apes ini menghantarnya pada kesuksesan. Sukses pertama adalah Carl berhasil untuk memperbaiki hubungannya dengan mantan istrinya dan semakin akrab dengan anaknya. Lepas dari pekerjaan menghantarnya pada quality time dengan anak dan mantan istrinya.

Sukses kedua ialah Carl dengan anaknya yang mampu menggunakan media sosial twitter untuk mempromosikan El Jefe (minivan bapaknya untuk  jualan makanan), plus Martin berhasil memasarkan Cuban Sandwich yang tersohor enak bukan kepalang lewat dapur truknya.

Lebih dari makanan
Film ini singkatnya ingin bertutur, “Setiap makanan yang terhidang memiliki kisah.” Ada kisah tentang terjadinya makanan itu sendiri. Ada kisah tentang si pembuat makanan itu.

Dengan manis film Chef menyajikan indahnya kesatuan. Carl akhirnya menikahi lagi mantan istrinya. Selain itu Carl dengan hati besar berbaikan dengan Ramsey malahan mereka bekerja sama mengembangkan restoran.

Respon-respon positif tentang film ini merekomendasi Anda untuk menontonnya.

Kredit foto: Ist

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply