Cek Apakah Emosi Anda Gampang Tersulut?

marahSELAIN  menciptakan banyak kemudahan, kehidupan modern juga menimbulkan berbagai masalah yang bisa membuat kita cepat naik darah. Bagaimana jika seorang pengemudi yang ugal-ugalan tiba-tiba menyelonong, menyerobot jalur Anda? Apa yang Anda lakukan? Ikutilah kuis dari Good Medicine, sebuah majalah kesehatan Australia, di bawah ini untuk menentukan kadar kemarahan Anda. Apakah Anda termasuk tipe seorang yang […]

marah

SELAIN  menciptakan banyak kemudahan, kehidupan modern juga menimbulkan berbagai masalah yang bisa membuat kita cepat naik darah. Bagaimana jika seorang pengemudi yang ugal-ugalan tiba-tiba menyelonong, menyerobot jalur Anda? Apa yang Anda lakukan?

Ikutilah kuis dari Good Medicine, sebuah majalah kesehatan Australia, di bawah ini untuk menentukan kadar kemarahan Anda. Apakah Anda termasuk tipe seorang yang gampang meledak hanya karena masalah kecil, atau sebaliknya, seseorang yang sanggup menekan api kemarahan.

Untuk tiap pernyataan, berilah poin sesuai dengan angka di bawah ini.
Skor : Selalu = 3,  kadang-kadang = 1, tidak pernah = 0

1.    Gangguan kecil bisa membuat Anda marah-marah.
2.    Krisis kecil yang menimpa Anda akan berubah menjadi bencana besar.
3.    Dalam sebuah perdebatan, Anda menjadi lepas kendali, misalnya : membanting pintu, memukul orang, atau melempar sesuatu.
4.    Ketika marah, Anda mengalami perubahan-perubahan fisik misalnya gemetar.
5.    Beberapa saat kemudian, Anda menyesali apa yang Anda lakukan atau ucapkan ketika sedang marah.
6.    Anda bereaksi pada pengemudi lain yang ugal-ugalan, misalnya dengan mengumpat atau bahasa tubuh lainnya.
7.    Secara umum, Anda mudah terprovokasi dalam sebuah adu argumen.
8.    Ketika marah, Anda membuat resah orang-orang di sekitar Anda.
9.    Anda tidak sabar dan geram dengan kemacetan lalu lintas.
10.    Ketika pesawat atau alat transportasi Anda lain ditunda, Anda mengomel pada petugas lapangan dan lebih baik menggantinya dengan yang lain.
11.    Anda marah pada orang-orang yang tidak bisa berbuat apa-apa dengan problem Anda, misalnya tukang parkir, pelayan restoran, atau pelayan toko.
12.    Orang berkomentar tentang kepribadian Anda yang cepat naik darah.

Skor 0-12
Krisis kecil sedang terjadi, tetapi Anda telah membuktikan bahwa tantangan-tantangan dalam hidup ini tidak bisa membuat Anda menjadi seorang pemberang. Ketika seorang pengemudi ugal-ugalan memotong jalur Anda, pikiran dan emosi Anda tetap tenang dan terkontrol. Sebab, benak Anda tetap terfokus pada agenda pribadi, hidup Anda melaju dengan tenang dan tahu apa yang terbaik bagi kesehatan mental Anda.

Skor 13-24
Meski Anda bersikap tenang dan kalem, tapi Anda bisa pula lepas kontrol dan naik pitam. Ketika Anda merasa seseorang atau sesuatu mendidihkan darah Anda, berhenti dan tariklah napas serta tanyakan pada diri sendiri, “Apa yang harus saya lakukan untuk membuat situasi ini membaik?” atau, “Bagaimana saya bisa membuat orang ini tidak menjadikan saya naik darah?” Pada umumnya, orang marah-marah karena mereka terjebak dalam situasi atau perasaan yang tidak terkontrol. Anda harus selalu ingat bahwa ada banyak alasan mengapa emosi Anda perlu  tetap terkendali.

Skor 25-36
Kadar kemarahan Anda berada dalam level yang mengkhawatirkan di mana orang-orang di lingkungan sekitar Anda merasa terganggu dengan temperamen Anda. Anda sering lepas kontrol, bahkan dalam masalah-masalah yang sebenarnya sepele. Mempercayai orang lain adalah hal sulit buat Anda dan menyalahkan mereka jika terjadi kesalahan. Karena itu Anda musti menerima fakta bahwa ada situasi dan keadaan di mana Anda tidak bisa mengendalikannya. Ketika terjebak macet, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Daripada menyalahkan polisi atau pemerintah yang tidak membangun jalan yang cukup lebar, lebih baik Anda menikmati musik atau papan reklame!

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply