Ayat bacaan: Roma 15:4
===================
“Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.”

Semakin rumit pengoperasian sebuah alat, semakin besar pula kebutuhan kita akan buku manual. Sebuah buku manual bisa memandu pemilik dalam memahami berbagai fitur, fungsi dan kegunaan dari alat tersebut. Mungkin saja seseorang bisa mempergunakan alat tanpa buku manual, tapi akan ada banyak fungsi yang terlewatkan. Sebuah buku manual yang baik akan memberi petunjuk pemakaian secara lengkap hingga ke detail-detailnya, semua fitur dan fungsi dari alat tersebut dan berbagai kemungkinan kerusakan; apa yang bisa menjadi penyebabnya sehingga harus dihindari dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Bagaimana dengan hidup kita? Hidup itu tidak mudah bahkan sewaktu-waktu bisa sangat rumit. Ada begitu banyak masalah baik besar dan kecil yang datang dan pergi, ada banyak pertanyaan dan problematika yang membuat kita membutuhkan sebuah ‘buku manual’ yang bisa menuntun, menasihati, memberi masukan bahkan solusi. Alangkah sangat membantu jika kita memiliki buku manual tentang bagaimana cara menghadapi setiap jenis persoalan, apa yang harus dihindari, apa yang harus dilakukan, apa yang harus diingat dan apa yang harus diwaspadai. Manusia yang lemah sesungguhnya rentan untuk hancur berantakan jika tidak waspada, sama seperti alat yang bisa rusak dalam waktu singkat jika anda tidak tahu bagaimana memakainya. Apakah ada buku panduan atau manual yang bisa memberikan tuntunan dalam menghadapi setiap sisi dalam hidup? Tentu saja. Kita punya Alkitab yang bisa menjawab segala persoalan, apa yang mungkin menjadi penyebabnya sekaligus memberi solusi yang lengkap.

Bagi saya yang pernah puluhan tahun berjalan tanpa tuntunan Firman, perbedaan besar sangatlah terasa setelah saya terus mendalami Firman-Firman yang ada di dalam Alkitab setiap hari. Saya sudah membuktikan betapa besar manfaat yang bisa diperoleh antara berjalan bersama Tuhan atau tidak. Saya tidak mengatakan bahwa anda akan 100% hidup tanpa masalah kalau mendasari hidup dengan Firman. Tapi anda akan tahu betapa tenangnya jika anda berjalan bersamaNya, tanpa peduli lagi terhadap besar kecilnya atau banyak tidaknya masalah.

Dalam surat Korintus dikatakan bahwa yang ia beritakan adalah “hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita”. (1 Korintus 2:7). Ada banyak rahasia-rahasia yang tersembunyi di balik setiap ayat dalam Alkitab, yang oleh karunia Roh Kudus disingkapkan untuk membuat kita hidup lebih baik lagi dari hari ke hari sesuai dengan rencanaNya. Anda bisa bayangkan apabila secuil saja rahasia Kerajaan ini dibuka buat kita, kita tentu akan jauh terbantu dalam menjalani hidup. Apalagi jika mendalami seluruhnya. Hidup tentu bisa lebih baik, tidak lagi perlu terombang-ambing tanpa arah bagai layangan putus.

Ayat lainnya berbunyi: “Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.” (Roma 15:4). Semua itu telah ditulis bagi kita dengan tujuan agar kita bisa berpegang kuat kepada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan. Tuhan sediakan itu semua bagi kita agar kita bisa mendapat pelajaran mengenai bagaimana mengalami kehidupan yang berkemenangan.

Seperti yang saya katakan di atas, saya sudah merasakan sendiri indahnya berjalan bersama Firman Tuhan setiap harinya. Indah disini bukan berarti bahwa hidup menjadi lebih mudah, tanpa masalah dan berlimpah-limpah. Tentu bukan seperti itu. Saya pun menghadapi masalah-masalah tersendiri. Tetapi keberadaan Tuhan dalam setiap hal yang saya jalani membuat saya lebih kuat dan tenang dalam menghadapinya. Saya tidak perlu kehilangan sukacita dan damai sejahtera meski kondisi mungkin sedang sulit-sulitnya. Dengan berpegang teguh dan percaya sepenuhnya kepada Tuhan, saya tidak harus kehilangan harapan dalam kondisi separah apapun. Saya tahu Dia akan selalu meneguhkan. FirmanNya hidup, dan itu menjadi pegangan yang mampu membuat saya tetap semangat dan tegar dalam segala kondisi. Karena itu saya merasa sangat senang membagikan Firman Tuhan setiap harinya untuk bersama-sama kita renungkan.

Satu kesimpulan penting yang saya dapatkan adalah bahwa segala jawaban dalam kehidupan ini sesungguhnya tertulis di dalam Alkitab. Apapun permasalahan yang ada, apapun pergumulan kita, apapun yang kita butuhkan, pertanyaan apapun yang butuh jawaban, Firman Tuhan dalam Alkitab menjawab dan memberi solusinya. Itulah sebabnya saya terus haus akan Firman Tuhan setiap hari dan selalu rindu membagikannya karena selalu saja ada jawaban disana yang akan sangat berguna bagi kita semua.

Ada ayat yang berkata: “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” (2 Timotius 3:16). Lihatlah betapa besar manfaat yang diberikan Firman Tuhan kepada kita. Dalam tiap ayatnya selalu ada bimbingan yang mengarahkan kita dalam kebenaran, dan itu bisa memberi hikmat dan menuntun kepada keselamatan oleh iman akan Kristus (ay 15). Lalu lihat ayat pembuka Mazmur dikatakan: “Berbahagialah orang yang..kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.” (Mazmur 1:1-3). Dari Mazmur ini kita bisa melihat dahsyatnya kuasa yang akan menyertai orang-orang yang gemar membaca, merenungkan dan melakukan firman Tuhan. Kita akan kehilangan itu semua apabila kita menyia-nyiakan atau mengabaikan kesempatan yang ada untuk mengetahui segala tulisan yang diilhamkan Allah kepada kita seperti yang sudah tertulis sejak lama di dalam Kitab Suci.

Alkitab secara komplit telah menyatakan segala hal, pesan, janji dan jawaban serta solusi yang bisa menuntun kita dalam kebenaran menuju keselamatan. Alkitab memberi hikmat kepada kita. Ada kuasa di dalamnya, dan Firman itu hidup. Semua itu akan lepas dari genggaman kita apabila kita tidak juga mau meluangkan waktu untuk membaca, merenungkan, memperkatakan dan melakukannya. Segala tuntunan dalam perjalanan kehidupan, segala jawaban dari pertanyaan dan kesulitan-kesulitan kita hingga selamat sampai di tujuan sudah tesedia dalam Alkitab.

Semua terpulang kepada diri kita, apakah kita mau mulai untuk membacanya dengan serius dan sungguh-sungguh atau hanya membiarkan Alkitab kita tergeletak tanpa disentuh. Kalaupun malas berat menenteng buku, dengan gadget-gadget sekarang seharusnya kita sudah lebih terbantu untuk membaca dan merenungkan firman Tuhan sehingga tidak lagi ada alasan yang bisa menghambat akses kita. Jika saya sudah dan akan terus mendapatkan segala jawaban tentang kehidupan baik yang saat ini maupun yang akan datang lewat Alkitab, saya percaya teman-teman pun pasti demikian. Semakin banyak yang anda ketahui, semakin banyak rahasia Kerajaan Allah yang disingkapkan, maka semakin anda tahu bahwa hidup ini sangatlah indah jika dijalani bersama Tuhan dalam setiap langkahnya.

Alkitab menjawab semua pertanyaan dan permasalahan dalam hidup kita dan memberi solusi

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.