Bukan Ilusi

Ayat bacaan: Yohanes 20:18
==================

“Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: “Aku telah melihat Tuhan!” dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.”

Anda masih ingat John Wayne? Dia adalah salah satu legenda Hollywood dan identik dengan sosok cowboy gagah berbadan besar. Tapi tahukah anda, bahwa pada kenyataannya John Wayne tidaklah sebesar yang dibayangkan. Dalam seluruh pembuatan film2nya Hollywood telah menciptakan sebuah ilusi untuk menciptakan image seperti yang diharapkan banyak orang. Pintu2 bar dibuat lebih kecil dari ukuran standar, sehingga jika John Wayne mendorong pintu tersebut, dia akan kelihatan lebih besar daripada kenyataannya untuk membuatnya meningkatkan citra dan peran pentingnya sebagai salah satu bintang layar lebar raksasa Amerika. Begitu pula pemeran lainnya dalam film2 John Wayne. Orang2 yang dipilih selalu yang berukuran lebih pendek dari dia. Maka yang kita saksikan di layar adalah sosok bertubuh besar, padahal itu bukanlah suatu kenyataan. Ukuran pintu dan tokoh2 pendukung yang diperkecil menciptakan suatu ilusi yang bagi banyak orang seolah2 menjadi suatu realita. Kenyataan ini bisa membuat kita berpikir ulang mengenai orang2 yang selama ini kita jadikan pahlawan kita.

Ketika Maria Magdalena berdiri di depan kuburan Yesus pada hari Minggu setelah Yesus wafat dan dimakamkan, tidak ada ilusi apapun tentang pintu kuburan yang terbuka. Kekuasaan Tuhan yang penuh kemenangan telah membangkitkan Yesus dari kematian. Kuburan yang kosong, Yesus yang bangkit, bukanlah sebuah ilusi yang diciptakan oleh para penulis alkitab untuk memberikan kredibilitas tentang peranan Kristus.

Kristus yang dibangkitkan itulah yang ditemui Maria di taman. Kejadian itu menghapus semua keraguan yang terdapat sebelumnya. Kata2 Maria pada ayat renungan hari ini mengukuhkan hal tersebut. Maria berdiri dihadapan kekuatan terbesar kehidupan bagi manusia, dan itulah sebuah fakta yang benar2 nyata, bukan sebuah ilusi.

Tuhan yang dibangkitkan sudah cukup menjadi bukti bahwa Dia telah datang supaya kita bisa memasuki hidup kekal.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Comment