Breaking News: Pesawat TransAsia Airways Jatuh di Pulau Penghu Taiwan, 47 Tewas dan 11 Luka Parah

TransAsia

PESAWAT baling-baling tipe ATR milik TransAsia Airways yang beroperasikan di Taiwan jatuh di sebuah pulau kecil di luar ‘daratan’ Taiwan. Insiden kecelakaan pesawat ini terjadi di Pulau Penghu, Rabu (23/7) malam 21.06 WIB atau pukul 19.06 waktu Taiwan.

Belum jelas penyebab terjadinya pesawat domestik maspakai di Taiwan ini sampai jatuh sesaat setelah sekali gagal melakukan pendaratan darurat ini. Pesawat TransAsia ini akhirnya rontoh dan menimpa kawasan permukiman  tak jauh dari Magong Airport di Pulau Penghu tersebut.

Pihak otoritas penerbangan Taiwan menyebutkan pesawat ATR ini telah gagal mendarat dengan mulus karena terbatasnya jarak pandang.

Laporan CNN menyebutkan, ketika pesawat dengan nomor penerbangan GE-222 ini hendak mendarat, jarak pandang hanya berkisar 2-10 meter saja akibat efek hujan badai dan angin topan.

Pesawat nahas ini terbang dari Bandara Kaoshiung menuju kawasan hunian resor di Pulau Penghu. Pada pukul 19.06 waktu Taiwan, otoritas lalu lintas penerbangan Taiwan mendapatkan konfirmasi telah kehilangan kontak dengan pesawat ini.

Total jumlah penumpangnya adalah 54 orang ditambah 4 orang awak pesawat.

Korban tewas dan luka-luka

Menteri Transportasi Taiwan Yeh Kuang-Shih memastikan, 47 orang tewas dan 11 lainnya luka parah dalam insiden kecelakaan pesawat TransAsia ini. “Suasananya kacau balau di lokasi kejadian,” tutur Jean Shen sebagaimana dilansir Reuters melalui BBC Rabu malam ini.

Hari-hari ini, ancaman badai Matmo tengah melanda kawasan Asia Tenggara dan Timur, termasuk Taiwan.

Sumber: CNN, BBC.

Kredit foto: Pesawat tipe ATR TranAsia (Ilustrasi/Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: