Ayat bacaan: Yohanes 17:20-21
=============================
“Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”

Salah satu yang saya sukai dari musim hujan adalah kesempatan yang lebih besar untuk melihat pelangi. Pelangi muncul akibat adanya dispersi cahaya oleh butiran-butiran air hujan, memunculkan perpaduan warna-warna yang sangat indah menghias langit yang tengah mendung. Saya yakin jika warna itu terpecah-pecah dan tidak bersatu, keindahannya akan jauh berkurang. Pikiran saya lalu tertuju kepada banyaknya denominasi yang masing-masing punya tata cara, doktrin dan sistemberbeda. Dan pemikiran ini mengarahkan saya pada doa Yesus di Taman Getsemani, hanya beberapa saat sebelum Dia ditangkap dan disalibkan.

Di Taman Getsemani Tuhan Yesus berdoa untuk semua orang yang percaya padaNya lewat pemberitaan mereka, baik lewat pengajaran, pewartaan, kesaksian, sikap hidup dan lain-lain. (Yohanes 17:20). Sebelum saya lanjutkan mari kita lihat terlebih dahulu ayatnya.

“Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.” (Yohanes 17:20-23).

Apa yang didoakan Yesus bagi orang percaya? Dia tidak meminta agar Tuhan selalu memastikan orang percaya agar hidup tanpa penderitaan, selalu senang, tidak pernah jatuh sakit atau disakiti baik secara fisik maupun perasaan. Semua itu kita inginkan, tapi bukan itu yang Yesus minta. Apa yang Tuhan Yesus minta adalah agar semua orang percaya menjadi satu, seperti Tuhan di dalam Kristus dan Kristus di dalam Tuhan. Dia berdoa agar kita bersatu, hidup rukun satu dengan lainnya agar dunia bisa mengetahui bahwa Tuhanlah yang mengutus Kristus untuk menyelamatkan manusia. (ay 23).

Tuhan Yesus tampaknya tahu bahwa ke depan gereja akan terpecah-pecah dengan paham, doktrin, pengajaran dan sistemnya masing-masing. Dan doa ini pun menjadi sebuah pesan penting yang seharusnya diingat oleh siapapun yang percaya kepadaNya terlepas dari latar belakang masing-masing. Faktanya ada begitu banyak gereja yang pecah, bertikai dan saling merendahkan satu sama lain. Kalau sudah begitu, jemaat pun seringkali ikut terbawa, terkena faham fanatisme yang mereasa paling benar dan menganggap denominasi lainnya salah, buruk atau bahkan sesat.

(bersambung)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.