Berbelas Kasih, Ciri Orang Beriman, Beradab dan Bermartabat

kera kasih susu“Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya, ‘Jangan menangis!’” (Luk 7, 13) Yesus tergerak oleh belas kasihan, ketika melihat seorang janda menangis karena kematian anak tunggalnya. Penumpang mobil tergerak oleh belaskasihan, ketika melihat peminta-minta di perempatan jalan. Banyak orang tergerak oleh belaskasihan, ketika melihat kurban bencana alam. […]

kera kasih susu

“Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya, ‘Jangan menangis!’” (Luk 7, 13)

Yesus tergerak oleh belas kasihan, ketika melihat seorang janda menangis karena kematian anak tunggalnya. Penumpang mobil tergerak oleh belaskasihan, ketika melihat peminta-minta di perempatan jalan. Banyak orang tergerak oleh belaskasihan, ketika melihat kurban bencana alam.

Belas kasih merupakan sikap hidup yang dimiliki oleh banyak orang, entah anak-anak, orang muda dan orang dewasa. Belas kasih tdk hanya sekedar perasaan kasihan yang berada atau tersembunyi di dalam hati, tetapi juga  terungkap alam sikap dan perilaku, yang tertuju kepada  orang lain.

Belas kasih merupakan ‘sesuatu’ yang muncul dlm diri seseorang dan sgr menggerakkan orang untuk berbuat sesuatu bagi sesama. Belas kasih muncul saat seseorang melihat sesamanya berada dlm kesulitan, sakit, dan penderitaan. Belas kasih muncul saat melihat seseorang menangis, sedih, berduka, gelisah dan berada dlm ketakutan. Belas kasih muncul saat melihat sesama yang lemah dan tdk berdaya. Yesus tdk hanya mengajarkan cinta kasih sbagi sesuatu yang utama, tetapi Yesus juga memberi contoh serta teladan nyata, bagaimana cinta kasih itu diwujudkan.

Bagaimana caranya agar belas  kasih itu bisa dihayati dan diwujudkan para murid, sehingga menjadi berkat bagi sesama, tanpa menimbulkan cela?

Paus Benediktus XVI, dlm Ensiklik Deus Caritas Est, menegaskan bahwa belas kasih dan profesionalitas bukanlah dua hal yang bertentangan, tetapi hrs berjalan seimbang. Profesionalitas berkaitan
dengann kemampuan seseorang untuk memahami apa yang hrs dilakukan dan bagaimana caranya melakukan.

Para murid perlu memahami hal-hal yang berkaitan dengan belas kasih dan memahami pula cara-cara mewujudkan belas kasih itu di dlm hidup sehari-hari, dengann mempertimbangkan konteks dan situasi yang ada, agar belas kasih sungguh menjadi berkat bagi banyak orang.

Teman selamat siang dan selamat berkarya. Berkah Dalem

Kredit foto: Ilustrasi (Life Lesson)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply