Beramai-ramai Tinggalkan Rute Penerbangan Lewati Kawasan Udara Ukraina

MAS 17

SEJAK terjadinya insiden penembakan pesawat sipil Malaysian Airlines MH-17 Kamis (17/7) malam waktu WIB, banyak maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawat untuk rute internasional langsung memutuskan ‘pindah haluan’ rute. Kawasan udara yang sekarang mereka hindari adalah Ukrainia.

Malaysian Airlines hari ini sudah langsung mengumumkan, pihaknya untuk waktu yang tak terbatas akan berubah haluan mengambil jalur penerbangan yang lain. Setidaknya tidak akan melewati jalur penerbangan di atas kawasan udara Ukrania. “Semua penerbangan ke Eropa yang dioperasikan oleh MAS akan mengambil rute yang lain,” kata MAS dalam rilis mereka hari ini.

Kemarin MAS masih menggunakan ‘rute lama’ melewati kawasan udara Ukrania, karena Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (CAOI) memastikan jalur ini aman dari gangguan, meskipun dalam beberapa bulan ini kawasan Ukrania –terutama di bagian timur—tengah bergolak akibat merebaknya tuntutan kaum separatis pro Rusia untuk memisahkan diri dari Kiev.

Eurocontrol, pihak yang mengatur penerbangan seluruh jaringan di Eropa, sebelumnya juga mengumumkan kalau jalur penerbangan Ukrania ‘aman’, asalkan terbang di atas ketinggian 10 ribu meter dpl. “Rute itu telah ditutup oleh otoritas penerbangan Ukrainia karena masalah keamanan; namun aman bagi mereka yang terbang di atas ketinggian tertentu,” kata Eurocontrol sebagaimana dilansir The Guardian hari ini.

Mulai hari ini pula, demikian rilis Eurocontrol, pihak Ukrainia telah menutup semua kawasan udara dari semua penerbangan karena alasan keamanan dan kapan jalur ini akan dibuka belum ada kejelasannya.
Beberapa maskapai lainnya seperti Quantas Australia juga telah memutuskan akan ‘menghindari’ kawasan udara Ukrainia.

Begitu pula Virgin Atlantic, Turkish Airlines, Alitalia, Lufthansa, Air France, Aeroflot dan Transaero pun sudah berubah ‘haluan’ menghindari kawasan Ukrainia. Langkah sama kini juga ditempuh Delta, perusahaan penerbangan AS.

Sumber: The Guardian

Kredit foto: Reruntuhan badan pesawat MH-17 yang jatuh di Donetsk, Ukrania dan rute penerbangan melewati kawasan Ukrainia (Ilustrasi/Ist)

Tautan: 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: