Bebas Dari Rasa Takut

Ayat bacaan: 2 Timotius 1:12
======================

“Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini, tetapi aku tidak malu; karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku hingga pada hari Tuhan.”


Pada masa2 seperti sekarang ini, dimana banyak goncangan terjadi di berbagai belahan dunia, manusia akan gampang dicekam rasa takut. Jika kita membaca koran, mendengar berita di televisi, maka berita2 disana akan didominasi oleh masalah2 yang bisa membuat kita meragukan masa depan dunia ini, atau bagaimana situasi dan kondisi kita esok hari. Sebagai manusia dengan pikiran2 manusiawi kita, apabila kita bergantung pada akal pikiran kita, wajar jika kita merasa takut dan serba tak yakin. Coba tanya pada orang2 disekeliling anda, apakah dia yakin tahun ini akan lebih baik dari tahun 2007 kemarin? atau, apakah tahun 2009 nanti akan lebih baik dari tahun yang kita jalani sekarang? saya yakin, jawaban terbanyak akan berbunyi tidak tahu atau tidak yakin. Begitu kompleksnya masalah kita dari hari ke hari, ditambah keadaan negara kita yang tidak juga membaik dari berbagai sisi kehidupan, semakin banyaknya orang2 yang mengatasnamakan dirinya sebagai kaki tangan Tuhan di bumi ini dan bertindak penuh kuasa atas orang lain, membumi hanguskan orang2 yang tidak sepaham dengan mereka, dengan sendirinya membuat kita mudah dicekam rasa takut. Dan seringkali, dalam keadaan demikian, kita lupa bahwa kita punya Tuhan yang peduli dan mampu melindungi kita dari apapun. Kita cenderung menyelamatkan diri dengan kemampuan kita sendiri, dan mulai meninggalkan Tuhan dengan janji2Nya dan karya2Nya yang ajaib.

Teman, apapun kondisinya, hati kita harus tetap dipenuhi suka cita. Mazmur 37:4 berkata, “dan bergembiralah karena Tuhan, maka Ia akan memberikan apa yang diinginkan hatimu.” Termasuk damai sejahtera dan suka cita, bebas dari rasa takut. Banyak orang percaya akan Tuhan, tapi tidak mengenal pribadiNya. Jika kita mengenal Tuhan, kita akan tahu sifatNya. Dia adalah Tuhan yang Maha Kuasa, Maha Bijaksana dan merupakan sahabat yang sangat akrab dan peduli, bahkan lebih dari saudara kita sekalipun. Tuhan adalah inti dari kasih itu sendiri. Jika kita diminta untuk mempercayakan hidup kita ke tangan seseorang, maka kita harus yakin bahwa orang ini memiliki kemampuan untuk melindungi kita dari segala ancaman dan bahaya. Jika tidak, buat apa kita percayakan hidup kita. Demikian pula Tuhan memiliki kemampuan untuk memimpin dan melindungi kita dengan kebijaksanaanNya dan menuntun kita untuk keluar dari segala krisis dan kesukaran. Tuhan mengetahui segala permasalahan kita. Yakinlah akan hal itu, dan serahkan diri dan hidup anda kedalam tanganNya. Anda akan dapat menjalankan kegiatan sehari2 tanpa rasa gentar, takut atau khawatir, karena anda tahu, anda sedang ada didalam genggamanNya. Semakin anda berserah pada pemeliharaan dan penyertaanNya, apapun yang terjadi disekeliling anda tidak akan mempengaruhi anda lagi. Kita tidak perlu khawatir, karena Tuhan kita adalah gembala yang luar biasa. Yakinlah Dia tahu pasti bagaimana caranya melindungi dan memelihara domba2Nya dengan penuh kasih. Mari, bebaskan diri anda dari rasa takut, dan bersuka citalah.

Jika Anda telah sepenuhnya menyerahkan diri ke dalam tangan Allah,maka Anda mampu untuk bertahan di dalam setiap dan segala kesukaran

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Comment