Beasiswa Pemapan Kembali Dibuka

BANNER bhumiksaraYAYASAN Bhumiksara –sebuah lembaga katolik nirlaba– yang berkedudukan di Jakarta tahun ini kembali membuka Program Beasiswa Pemapan angkatan kedua tahun 2014. Beasiswa untuk 10 mahasiswa jenjang S-1 ini dibatasi hanya di 5 perguruan tinggi negeri yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Airlangga (UNAIR). […]

BANNER bhumiksara

YAYASAN Bhumiksara –sebuah lembaga katolik nirlaba– yang berkedudukan di Jakarta tahun ini kembali membuka Program Beasiswa Pemapan angkatan kedua tahun 2014.

Beasiswa untuk 10 mahasiswa jenjang S-1 ini dibatasi hanya di 5 perguruan tinggi negeri yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Airlangga (UNAIR).

Pemapan

Program Beasiswa Pemapan (Pemimpin Masa Depan) bertujuan mempersiapkan para pemimpin muda yang unggul dalam kompetensi, berbela rasa, dan teguh dalam spiritualitas Kristiani.  Berbagai kompetensi yang diharapkan terbentuk dari calon penerima beasiswa Bhumiksara 2014 meliputi:

  • Punya jiwa kepemimpinan;
  • Memiliki kepedulian sosial;
  • Mampu menjalin hubungan dengan semua kalangan;
  • Bersemangatkan spiritualitas Kristiani.

Peserta program Beasiswa Bhumiksara “Pemapan” akan menerima beasiswa dalam bentuk sebagai berikut:

  • Bantuan dana pendidikan sebesar Rp 6.000.000 (enam juta rupiah) per semester;
  • program pendampingan;

Penerima beasiswa  wajib memenuhi persyaratan pada tiap semester yang mencakup:

(a)    nilai indeks prestasi akademik tiap semester minimal 3.00;

(b)    memenuhi standar penilaian dalam program pendampingan yang wajib diikuti, seperti terlibat dalam minimal dua kegiatan sosial yang dilaksanakan di dalam atau di luar kampus.

Program pendampingan

Selain dana pendidikan, penerima beasiswa juga akan mendapat program pendampingan selama dan setelah selesai kuliah. Pendampingan ini akan dilakukan oleh Yayasan Bhumiksara bekerjasama dengan para pastur kampus  dan pihak-pihak lain yang kompeten. Melalui program pendampingan, mahasiswa berkesempatan untuk mengenal dan belajar dari para tokoh masyarakat.

Mahasiswa Pemapan 2012 sedang berdiskusi dengan Prof. Bernadette Setiadi, psikolog dan mantan Rektor Unika Atma Jaya pada salah satu retret di Wisma Samadi.

Angkatan pertama: Para mahasiswa-mahasiwa penerima beasiswa Pemapan 2012 tengah menggelar acara temu akrab di Jakarta, Juli 2014. Mereka tengah berdiskusi dengan Prof. Dr. Bernadette N. Setiadi, psikolog dan mantan Rektor Unika Atma Jaya Jakarta. (Dok, Yayasan Bhumiksara)

Dua tahap seleksi

Proses seleksi bagi para kandidat pelamar program beasiswa Pemapan dari Yayasan Bhumiksara ini akan berlangsung dalam 2 tahapan.

  • Pertama adalah  seleksi administrasi dengan meneliti semua dokumen pemberkasan formulir yang telah diisi para calon dan telah masuk ke Yayasan.
  • Kedua adalah wawancara langsung dan tes.

Komponen administrasi yang menjadi perhatian penilaian adalah kemampuan akademik, jalur masuk PTN, kondisi ekonomi keluarga, asal daerah, prestasi yang dimiliki, kegiatan sosial yang diikuti, dan penilaian terhadap esai yang dibuat.

Para pelamar  yang dinyatakan lolos seleksi tahap I akan dipanggil untuk tes dan wawancara dan akan dilakukan di Jakarta (pelamar dari UI, ITB, IPB), Yogyakarta (pelamar dari UGM dan UNAIR). Pada saat wawancara, peserta diminta membawa berkas untuk verifikasi isian formulir pendaftarannya serta berkas pendukung lainnya.

Formulir pendaftaran dan pertanyaan berkaitan dengan program beasiswa Pemapan ini bisa diperoleh dengan mengirimkan email ke pemapan@gmail.com. Pendaftaran cukup dengan mengisi formulir tersebut dan dikirim kembali via email ke alamat yang sama.

Retret Pemapan - sharing alumniAgenda program

  • Tenggat waktu pendaftaran: 15 Agustus – 20 September 2014
  • Pengumuman seleksi Tahap I: 30 September 2014
  • Tes dan wawancara: 4-12 Oktober 2014
  • Pengumuman final: 31 Oktober 2014

Kredit foto: CB Teguh Sujatmiko, penerima beasiswa 2005, tengah berdialog dengan para penerima beasiswa Pemapan 2012 dalam sebuah acara pembimbingan di  Wisma Samadi, Juli 2014. (Dok. Yayasan  Bhumiksara)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply