Barcelona Sambut 1st Retreat for UCLG Secretariats, Committees and Key Partners

UCLG METROPOLISTAHUN 1992 boleh dibilang menjadi ‘tahun emas’ bagi Barcelona, Ibukota Provinsi Catalonia, di Spanyol. Pada tahun 1992 silam, Barcelona menjadi tujuan destinasi semua orang dan utamanya para pelaku olahraga kelas dunia. Barcelona di tahun 1992 menjadi tuan rumah untuk pesta olahraga paling bergengsi di jagad ini: Olimpiade Barcelona. Di markas besarnya kelompok sepak bola Barca FC Barcelona inilah, pebulutangkis putri Indonesia Susi Susanti berhasil menyabet gelar juara dunia bulutangkis putrid dan membawa pulang medali emas. Melengkapi kegembiraan Susi adalah pebulutangkis pria Alan Budikusuma yang juga memboyong medali emas. 9-13 Februari 2015 pekan mendatang, lagi-lagi Barcelona akan menjadi tuan rumah untuk sebuah hajatan kelas internasional. Sebuah acara bertitel 1st Retreat for UCLG Secretariats, Commitees and Key Partners akan berlangsung di Ibukota Provinsi Catalonia ini. Mengusung semangat 100 Years of Action dan 10 Years of Unity sesuai dengan rentang waktu eksistensi UCLG, acara berlabel Retreat ini bermaksud untuk merumuskan langkah-langkah sinergis apa yang bisa dikerjakan oleh masing-masing Regio UCLG dan bagaimana langkah sinergis bersama itu bisa wujudkan bersama dan masing-masing Regio di wilayahnya sendiri. “Harapan kami tentu saja bisa mewujudkan kerangka kerjasama sinergis itu dalam aksi nyata berupa program-program nyata baik dalam skala regional dan global,” kata Ketua Panitia Josep Roig dalam rilis resminya. UCLG (United Cities and Local Goverments) merupakan organisasi internasional yang menyuarakan, mewakili dan membela kepentingan pemerintahan-pemerintahan local di panggung dunia. Misinya adalah mendukugn pemerintahan-pemerintahan daerah yang demokratis, mempromosikan nilai, tujuan, dan kepentingan melalui forum kerjasama antar pemerintah daerah dengan cakupan lingkup lebih luas dalam komunitas masyarakat internasional. UCLG diakui secara resmi oleh PBB sebagai corong resmi mewakili suara bersama perserikatan pemerintah daerah. Dari sembilan kawasan UCLG, Regio Asia Pasifik (United Cities and Local Governments Asia Pacific/UCLG ASPAC) merupakan kawasan terbesar dengan jumlah anggota lebih dari 7.000-an pemerintah daerah di seluruh kawasan Asia Pasifik. UCLG ASPAC yang berkantor di Jakarta ini merupakan satu dari sembilan regio UCLG di seluruh dunia. Dan untuk forum 1st Retreat for UCLG Secretariats, Committees and Key Partners di Barcelona tanggal 9-13 Februari ini, Sekretaris Jendeal UCLG ASPAC Dr. Bernardia Irawati Tjandradewi dan Strategis Services Manager Atik Kumala Dewi datang mewakili kepentingan UCLG ASPAC. Source: UCLG (www.uclg.org) Photo credit: Metropolis/UCLG Situs resmi UCLG ASPAC: www.uclg-aspac.org

UCLG METROPOLIS

TAHUN 1992 boleh dibilang menjadi ‘tahun emas’ bagi Barcelona, Ibukota Provinsi Catalonia, di Spanyol. Pada tahun 1992 silam, Barcelona menjadi tujuan destinasi semua orang dan utamanya para pelaku olahraga kelas dunia. Barcelona di tahun 1992 menjadi tuan rumah untuk pesta olahraga paling bergengsi di jagad ini: Olimpiade Barcelona.

Di markas besarnya kelompok sepak bola Barca FC Barcelona inilah, pebulutangkis putri Indonesia Susi Susanti berhasil menyabet gelar juara dunia bulutangkis putrid dan membawa pulang medali emas. Melengkapi kegembiraan Susi adalah pebulutangkis pria Alan Budikusuma yang juga memboyong medali emas.

9-13 Februari 2015 pekan mendatang, lagi-lagi Barcelona akan menjadi tuan rumah untuk sebuah hajatan kelas internasional. Sebuah acara bertitel 1st Retreat for UCLG Secretariats, Commitees and Key Partners akan berlangsung di Ibukota Provinsi Catalonia ini. Mengusung semangat 100 Years of Action dan 10 Years of Unity sesuai dengan rentang waktu eksistensi UCLG, acara berlabel Retreat ini bermaksud untuk merumuskan langkah-langkah sinergis apa yang bisa dikerjakan oleh masing-masing Regio UCLG dan bagaimana langkah sinergis bersama itu bisa wujudkan bersama dan masing-masing Regio di wilayahnya sendiri.

Josep Roig
Josep Roig, UCLG Barcelona

“Harapan kami tentu saja bisa mewujudkan kerangka kerjasama sinergis itu dalam aksi nyata berupa program-program nyata baik dalam skala regional dan global,” kata Ketua Panitia Josep Roig dalam rilis resminya.

UCLG (United Cities and Local Goverments) merupakan organisasi internasional yang menyuarakan, mewakili dan membela kepentingan pemerintahan-pemerintahan local di panggung dunia. Misinya adalah mendukugn pemerintahan-pemerintahan daerah yang demokratis, mempromosikan nilai, tujuan, dan kepentingan melalui forum kerjasama antar pemerintah daerah dengan cakupan lingkup lebih luas dalam komunitas masyarakat internasional.

UCLG diakui secara resmi oleh PBB sebagai corong resmi mewakili suara bersama perserikatan pemerintah daerah. Dari sembilan kawasan UCLG, Regio Asia Pasifik (United Cities and Local Governments Asia Pacific/UCLG ASPAC) merupakan kawasan terbesar dengan jumlah anggota lebih dari 7.000-an pemerintah daerah di seluruh kawasan Asia Pasifik.

UCLG ASPAC yang berkantor di Jakarta ini merupakan satu dari sembilan regio UCLG di seluruh dunia. Dan untuk forum 1st Retreat for UCLG Secretariats, Committees and Key Partners di Barcelona tanggal 9-13 Februari ini, Sekretaris Jendeal UCLG ASPAC Dr. Bernardia Irawati Tjandradewi dan Strategis Services Manager Atik Kumala Dewi datang mewakili kepentingan UCLG ASPAC.

Source: UCLG (www.uclg.org)

Photo credit: Metropolis/UCLG

Situs resmi UCLG ASPAC: www.uclg-aspac.org

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply