Bangun Tidur

6 Juli - RmT“Ketika Yakub bangun dari tidurnya, berkatalah ia, ‘Sesungguhnya TUHAN ada di tempat ini, dan aku tidak mengetahuinya.’”  (Kej 28, 16) SETELAH misa pagi, seorang ibu bercerita kalau anaknya menilpun sambil menangis. Dia tidak tahu kalau ibunya ke gereja pagi dan mengantar tamu. Saat ibunya berangkat, si anak masih tertidur, sehingga tidak mungkin untuk diajak. Setelah bangun, si anak mencari ibunya dan tidak menemukannya di rumah. Apa yang dicari dan disadari oleh banyak orang, setelah mereka terbangun dari tidurnya? Setelah bangun, anak ini mencari ibunya dan sadar bahwa ibunya tidak ada di rumah. Pengalaman anak ini pasti berbeda dengan pengalaman banyak anak dan orang yang lain. Anak lain sering diajari, agar setelah bangun tidur terus mandi dan gosok gigi. Selanjutnya, mereka baru menolong ibu mengerjakan pekerjaan rumah atau pekerjaan lain. Kebiasaan ini tentu berbeda dengan anak-anak lainnya. Setelah bangun tidur terus mencari gadgetnya dan mulai pencet-pencet sambil tiduran. Suasana dingin dan liburan semakin mendukung banyak anak untuk bermalas-malas di tempat tidur. Orang dewasa atau orang tua tentu tidak mempunyai kebiasaan seperti ini. Banyak ibu yang bangun pagi-pagi buta dan segera melaksanakan berbagai macam pekerjaan rumah tangga. Ada yang memasak, mencuci, menyeterika, membersihkan rumah, menyiapkan segala sesuatu untuk suami dan anak-anak. Bahkan banyak ibu-ibu yang langsung pergi ke pasar untuk berjualan atau berbelanja berbagai macam kebutuhan. Setelah bangun, banyak juga orang yang keluar rumah untuk renang, jalan-jalan atau lari pagi, baca koran dan minum kopi. Ada berbagai macam aktivitas dan kebiasaan berbeda-beda, yang dilakukan banyak orang setelah bangun tidur. Sementara orang terbangun dari tidur dengan terkejut dan geragapan, termangu dan gelisah serta bertanya-tanya tentang mimpinya selama tidur. Apa gerangan arti mimpinya itu? Yakub semalaman juga tertidur karena kelelahan dan juga bermimpi. Setelah bangun Yakub sadar bahwa Tuhan hadir di tempat itu. Tuhan hadir tanpa dia ketahui. Tuhan menyapa Yakub lewat mimpinya. Pengalaman Yakub mungkin juga menjadi pengalaman kita, yakni sering lupa dan tidak menyadari bahwa Tuhan pun hadir dalam hidup kita setiap kali kita bangun tidur. Teman-teman selamat malam dan selamat beristirahat. Berkah Dalem. Kredit foto: Ilustrasi (Ist)  

6 Juli - RmT

“Ketika Yakub bangun dari tidurnya, berkatalah ia, ‘Sesungguhnya TUHAN ada di tempat ini, dan aku tidak mengetahuinya.’”  (Kej 28, 16)

SETELAH misa pagi, seorang ibu bercerita kalau anaknya menilpun sambil menangis. Dia tidak tahu kalau ibunya ke gereja pagi dan mengantar tamu. Saat ibunya berangkat, si anak masih tertidur, sehingga tidak mungkin untuk diajak. Setelah bangun, si anak mencari ibunya dan tidak menemukannya di rumah.

Apa yang dicari dan disadari oleh banyak orang, setelah mereka terbangun dari tidurnya? Setelah bangun, anak ini mencari ibunya dan sadar bahwa ibunya tidak ada di rumah. Pengalaman anak ini pasti berbeda dengan pengalaman banyak anak dan orang yang lain. Anak lain sering diajari, agar setelah bangun tidur terus mandi dan gosok gigi. Selanjutnya, mereka baru menolong ibu mengerjakan pekerjaan rumah atau pekerjaan lain. Kebiasaan ini tentu berbeda dengan anak-anak lainnya. Setelah bangun tidur terus mencari gadgetnya dan mulai pencet-pencet sambil tiduran. Suasana dingin dan liburan semakin mendukung banyak anak untuk bermalas-malas di tempat tidur. Orang dewasa atau orang tua tentu tidak mempunyai kebiasaan seperti ini.

Banyak ibu yang bangun pagi-pagi buta dan segera melaksanakan berbagai macam pekerjaan rumah tangga. Ada yang memasak, mencuci, menyeterika, membersihkan rumah, menyiapkan segala sesuatu untuk suami dan anak-anak. Bahkan banyak ibu-ibu yang langsung pergi ke pasar untuk berjualan atau berbelanja berbagai macam kebutuhan. Setelah bangun, banyak juga orang yang keluar rumah untuk renang, jalan-jalan atau lari pagi, baca koran dan minum kopi.

Ada berbagai macam aktivitas dan kebiasaan berbeda-beda, yang dilakukan banyak orang setelah bangun tidur. Sementara orang terbangun dari tidur dengan terkejut dan geragapan, termangu dan gelisah serta bertanya-tanya tentang mimpinya selama tidur. Apa gerangan arti mimpinya itu?

Yakub semalaman juga tertidur karena kelelahan dan juga bermimpi. Setelah bangun Yakub sadar bahwa Tuhan hadir di tempat itu. Tuhan hadir tanpa dia ketahui. Tuhan menyapa Yakub lewat mimpinya. Pengalaman Yakub mungkin juga menjadi pengalaman kita, yakni sering lupa dan tidak menyadari bahwa Tuhan pun hadir dalam hidup kita setiap kali kita bangun tidur.

Teman-teman selamat malam dan selamat beristirahat. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply