Bagaimana Roh Kudus berkarya dalam liturgi Gereja?

dari http://www.newliturgicalmovement.org/

dari http://www.newliturgicalmovement.org/

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK


221. Dengan cara apa Bapa merupakan sumber dan tujuan liturgi?


Melalui liturgi, Bapa memenuhi kita dengan berkat-berkat-Nya dalam Sabda yang menjadi daging, yang wafat dan bangkit untuk kita dan mencurahkan Roh Kudus ke dalam hati kita. Pada saat yang sama, Gereja menghormati-Nya dengan ibadah, pujian, dan syukur serta memohon kepada-Nya anugerah-anugerah Putra dan Roh Kudus


Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1077-1083, 1110


222. Apa karya Kristus dalam liturgi?


Dalam liturgi Gereja, misteri Paskah Kristus ditandakan dan dihadirkan. Dengan memberikan Roh Kudus kepada para Rasul-Nya, Yesus mempercayakan kepada mereka dan pengganti-pengganti mereka kekuatan untuk menghadirkan karya penyelamatan Allah melalui kurban Ekaristi dan Sakramen-Sakramen lainnya. Dalam Sakramen-Sakramen inilah Kristus bertindak untuk mengomunikasikan rahmat-Nya kepada semua umat beriman di segala macam tempat dan waktu di dunia.


Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1084-1090


223. Bagaimana Roh Kudus berkarya dalam liturgi Gereja?


Kerja sama yang paling erat antara Roh Kudus dengan Gereja terjadi dalam liturgi. Roh Kudus mempersiapkan Gereja untuk berjumpa dengan Allahnya. Roh Kudus mengingatkan dan menyatakan Kristus kepada iman jemaat. Dia membuat misteri Kristus betul-betul hadir. Dia mempersatukan Gereja dengan hidup dan perutusan Kristus dan menghasilkan buah persekutuan di dalam Gereja.


Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1091-1109, 1112

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply