MARAKNYA kejahatan seksual dengan target anak-anak, termasuk balita, terasa sangat menguncangkan dan membuat masyarakat geram. Di sisi lain, orangtua yang memiliki anak balita pasti khawatir anak kesayangan mereka menjadi korban selanjutnya.

Lalu, bagaimana pencegahannya? Anak-anak perlu diajari pendidikan seksual, itu termasuk solusi logis.

Pertanyaan selanjutnya: bagaimana mengajarkan hal ‘rumit’ tersebut kepada anak usia dini?

Untuk itulah, Prof. Etty Indriati, guru besar antropologi yang selama 25 tahun berkarya di UGM sebelum pindah domisili ke Jakarta dan bergabung dengan Unika Atma Jaya, menulis buku ‘sederhana’ ini.

Saya sengaja mau menyebutnya: super sederhana, hanya 24 halaman berwarna dengan 13 halaman berisi lukisan dan caption singkat. Simpel namun mengena. Anak-anak balita yang tentunya belum bisa diajarkan tentang pengetahuan reproduksi, perlu diberikan pengajaran yang sesuai dengan perkembangan pikiran mereka yang masih teramat muda.

Maka buku ini disarankan dibaca oleh orangtua yang memiliki anak balita, guru TK, dan semua pihak yang terkait dalam pencegahan kejahatan seksual terhadap anak usia dini. Menjelaskan dengan bahasa awam dan sesuai untuk si kecil merupakan kelebihan dari buku kecil ini.

Judul: Badanku Milikku, Pengenalan Bagian Tubuh untuk Mencegah Kejahatan Seksual pada Anak
Penulis: Prof. Etty Indriati, Ph.D.
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, April 2014

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.