Ayam Rabun Senja

Ayat bacaan: Mazmur 119:18
=======================
“Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu.”

memahami alkitab, rabun senja


Rabun senja, yang juga dikenal dengan rabun ayam, adalah sebuah penyakit yang bisa diderita apabila seseorang kekurangan vitamin A. Istilah rabun ayam alias rabun senja ini berasal dari kondisi ayam yang sulit melihat dengan baik ketika senja. Di saat seperti ini mereka tidak menyadari apa-apa apabila ada bahaya didekat mereka. Jika mereka kaget, mereka akan terbang dan menabrak sana sini.

Alkitab berisi firman Tuhan yang hidup. Penuh keajaiban, penuh panduan bagaimana kita dapat memiliki relasi yang benar dengan Dia. Di dalam alkitab kita bisa mendapatkan segala jawaban bagi setiap pertanyaan atau permasalahan yang kita hadapi. Tapi bagi sebagian orang, alkitab sulit dimengerti isinya. Bahkan bagi sebagian orang, alkitab tidak mempunyai kuasa apapun, mereka tidak mendapatkan apapun selain sekumpulan tulisan tanpa makna. Akibatnya mereka lebih memilih untuk membaca komik, surat kabar, majalah dan lainnya, yang relatif lebih mudah untuk dimengerti. Orang lebih memilih untuk sibuk bekerja dan beraktivitas ketimbang meluangkan sedikit waktu untuk membaca dan merenungkan firman Tuhan. Sebagian lagi bahkan menjelek-jelekkan alkitab, karena ketidak-mengertian mereka, dan akibatnya kehilangan banyak hal dalam hidup, dan kehilangan kesempatan untuk memperoleh kehidupan kekal. Padahal kita bisa mendapat segalanya dari firman-firman Tuhan yang penuh keajaiban, penuh berkat bagai cahaya yang menerangi hidup.

Daud berdoa dan meminta Tuhan agar matanya disingkapkan sehingga ia bisa menyaksikan sendiri berbagai keajaiban yang berasal dari firman Tuhan. Firman Tuhan menuntun kita bukan hanya untuk menuju keselamatan tapi juga mengajarkan kita bagaimana hidup penuh berkat dan kelimpahan ditengah dunia yang semakin sulit. Penuh bimbingan bagaimana kita bisa hidup sehat dengan sukacita berlimpah, bagaimana dosa bisa merusak hubungan kita dengan Allah dan berbagai bentuk dosa. Semua ini tetap relevan hingga kini. Saya mendapati bahwa kunci kehidupan yang benar sudah tertulis lengkap di alkitab. Ada jawaban dari berbagai pertanyaan kita. Ada jalan keluar disana, ada banyak keajaiban luar biasa yang akan terungkap jika kita memahami alkitab dengan benar.

Ada sebuah peribahasa dalam bahasa inggris berkata “Even a blind chicken can sometimes find a piece of corn if you put it in front of its nose”. Jika ayam rabun pun bisa menemukan sebutir jagung jika diletakkan di depannya, alangkah ironis jika kita lebih parah dari ayam rabun, tidak bisa mendapatkan berkat apapun meski alkitab ada di depan mata. Hidup di dunia yang penuh tantangan akan menjadi jauh lebih sulit jika kita tidak bisa melihat dengan iman yang benar. Jika alkitab masih sulit anda mengerti, berdoalah sehingga mata bisa disingkapkan. Berdoalah agar anda dipenuhi Roh Kudus yang akan membimbing anda untuk mengerti kata demi kata yang tertulis dalam firman Tuhan. Kepada jemaat di Korintus, Paulus mengatakan bahwa karunia-karunia Allah bisa ditafsirkan bukan oleh hikmat manusia, tapi oleh Roh. Orang duniawi yang tidak memiliki Roh Kudus akan menganggap semuanya sebagai suatu kebodohan yang sulit dipahami (1 Korintus 2:13-14). Jadi kunci bagi kita untuk bisa memahami alkitab adalah dengan berdoa pada Tuhan, meminta agar Roh Kudus bisa membuka mata kita untuk menyingkap keajaiban-keajaiban dari firman Tuhan.



Jangan jadi ayam rabun senja. Roh Kudus akan membimbing kita untuk memandang keajaiban indah dari firman Tuhan

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Comment