Apa Enaknya Menyimpan Konflik?

konflik by Hausdorff“Apakah ada seorang di antara kamu, yang jika berselisih dengan orang lain, berani mencari keadilan pada orang-orang yang tidak benar, dan bukan pada orang-orang kudus?” (1 Kor 6, 1) PERSELISIHAN merupakan peristiwa yang banyak terjadi di dalam kehidupan kita. Kakak dan adik berselisih dan bertengkar. Mereka saling berebut mainan. Yang kalah, akhirnya menangis dan mengadu […]

konflik by Hausdorff

“Apakah ada seorang di antara kamu, yang jika berselisih dengan orang lain, berani mencari keadilan pada orang-orang yang tidak benar, dan bukan pada orang-orang kudus?” (1 Kor 6, 1)

PERSELISIHAN merupakan peristiwa yang banyak terjadi di dalam kehidupan kita. Kakak dan adik berselisih dan bertengkar. Mereka saling berebut mainan.

Yang kalah, akhirnya menangis dan mengadu kepada ibunya. Dua ormas pemuda berselisih di sebuah lapangan bola dan berbuntut panjang. Akhirnya keduanya saling mengadu ke pihak yang berwajib.

Suami dan isteri saling berselisih dan bertengkar atas banyak hal. Akhirnya mereka menyelesaikannya di pengadilan sipil.

KPU dan satu kubu capres berselisih tentang hasil pemilu. Akhirnya mereka mengadu ke Mahkamah Konstitusi.

Perselisihan merupakan peristiwa harian. Setiap orang pernah berselisih dengan orang lain. Masing-masing merasa diri lebih benar dan lebih berhak atas suatu hal dibandingkan dengan pihak lain.
Masing-masing pihak tidak mau kalah dan tidak mau dirugikan. Kedua pihak ‘keukeuh’ dengan pendiriannya dan pendapatnya.

Banyak perselisihan tidak mudah untuk dituntaskan, sehingga berlarut-larut. Kedua pihak biasanya menuntut adanya ‘penyelesaian yang adil’. Keadilan bisa mereka dapatkan dengan cara musyawarah dan mufakat atau dengan cara kekeluargaan.

Namun keadilan juga bisa diperoleh dengan cara melibatkan lembaga-lembaga peradilan atau pihak-pihak berwajib, yang diharapkan menjalankan tugasnya secara benar, jujur dan bertanggungjawab. Kapan dan dalam hal apa saya berselisih dengan orang lain?

Bagaimana perselisihan itu bisa diselesaikan dengan adil?

Teman-teman, selamat siang dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

Kredit foto: Konflik (Courtesy of Housedorff)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply