`Agats Diocese Youth Day`, OMK Berbagi dalam Tuhan

Agats Diocese Youth Day atau Temu OMK Se-Keuskupan Agats dilaksanakan secara meriah di Kota Agats pada tanggal 7-11 Agustus 2013 dengan tema “Berakar dalam Kristus”.

Kegiatan akbar ini dihadiri oleh 460 Peserta dari seluruh paroki di Keuskupan Agats dan utusan dari Keuskupan Timika. Hadir dalam kegiatan ini Mgr. Aloysius Murwito, OFM selaku Uskup keuskupan Agats dan Ketua Komisi Kepemudaan KWI Mgr. John Philip Saklil.

“Acara ini saya sambut dengan penuh syukur dan terima kasih kepada Tuhan. Orang Muda Katolik yang tinggal terisolasi di kampung-kampung dapat berkumpul bersama dan menjalin relasi dengan OMK lintas paroki dan keuskupan. Acara ini membantu membuka pemahaman kita bahwa dunia bukan saja disekitar kampung, lingkungan kita. Semoga hari-hari ini kita dapat membangun persaudaraan satu sama lain, lewat materi-materi, doa bersama dan bakti sosial yang kita lakukan bersama-sama”, Mgr. Aloysius Murwito, OFM dalam sambutan pada acara pembukaan.

Disela-sela kegiatan, Edo Kondologit, penyanyi Ibu Kota asal Sorong, Papua yang juga hadir dalam acara ini menitip pesan bagi OMK Keuskupan Agats agar OMK semakin berani dalam berekspresi karena orang muda adalah kekuatan dasyat yang bisa membawa perubahan penting bagi masa depan Asmat dan bangsa Indonesia.

“Kami senang bisa berpartisipasi dalam acara ini karena dapat berbagi pengalaman bersama teman-teman dari paroki di seluruh Keuskupan Agats. Saya percaya ini merupakan langkah awal dimana orang muda bisa terlibat secara langsung untuk berkumpul, merancang, dan menguatkan Orang Muda Katolik. Mungkin sedikit materi yang terserap, tetapi semangat untuk berkumpul dan berbagi dalam Tuhan adalah hal yang utama”, tegas Kris Rahayaan, selaku Ketua Panitia acara ini.

Acara ini melahirkan pernyataan sikap diantaranya penolakan atas penebangan hutan dan kesetiaan pada Kristus dan Gereja Katolik.
Kegiatan akbar ini diisi dengan Pawai Pembukaan, Perayaan Ekaristi harian, Seminar, diskusi, bakti sosial seperti pembersihan sampah di kota serta penanaman pohon, sharing, rally rosario keliling kota, puji-pujian, dan taize.

Tak lupa acara bergaya anak muda seperti Pesta Kembang Api dan Konser Musik yang dimeriahkan oleh artis-artis Papua seperti Bertha Bagre, Nancy Fangohoy, Kafed Community, Pocowor Group, Flaminggo 2 Band dan Edo Kondologit.

 

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: