5 Hal yang Bisa Kita Teladani dari Santo Yosef di Masa Adven Ini


December 4, 20175 Hal yang Bisa Kita Teladani dari Santo Yosef di Masa Adven Ini


Santo Yosef dapat menolong kita menjalani Adven dengan lebih bermakna. Marilah kita merenungkan 5 keutamaan istimewa dari orang kudus yang luar biasa ini agar kita dapat menjalani Adven yang bersungguh-sungguh dan membiarkan Yesus lahir di kedalaman hati kita pada Natal kali ini!1. Keheningan


Di dalam Alkitab, kita nggak mendengar satu kata pun dari Santo Yosef yang hebat ini. Keheningan yang terpancar dari diri Santo Yosef sangatlah kuat. Keheningannya mengajarkan kita untuk masuk lebih lagi dalam doa: keheningan. Kalau kita terus menerus dibombardir oleh berbagai macam suara, sangatlah sulit untuk mendengarkan Firman Tuhan, padahal Roh Kudus berbicara kepada kita dalam keheningan yang lembut. Keheningan Santo Yosef juga mengajarkan kepada kita pentingnya suatu teladan. Kita harus membuktikan keaslian diri kita melalui kata-kata, dan juga melalui tindakan kita. Santo Yosef mengajar dunia melalui cara hidupnya yang kudus. Semoga ia menjadi teladan bagi kita semua.

2. Doa

Santo Yosef adalah seorang laki-laki pendoa. Betapa penting perannya dalam sejarah keselamatan manusia. Ia adalah suami dari Bunda Maria, Bunda Allah, dan juga ayah angkat dari Yesus, Putera Allah yang hidup. Santo Yosef mengajari Yesus untuk berbicara dan memanggil Tuhan Allah sebagai “Abba” (artinya Bapa atau Ayah). Dalam arti tertentu, Santo Yosef jugalah yang mengajar Yesus untuk menggunakan kata-kata manusia untuk berbicara dengan Bapa di surga–alias berdoa. Oleh karena itu, kalau Santo Yosef telah mengajar Yesus untuk berdoa, betapa banyak yang dapat ia ajarkan kepada kita bagaimana berdoa, kalau kita memohon pertolongannya. Maka, mulailah dari sekarang: Santo Yosef, ajarilah aku untuk berdoa!

3. Keberanian dan Kejantanan

Di dalam masyarakat, ada banyak laki-laki yang mengabaikan kewajiban mereka terhadap istri, anak-anak, dan keluarga mereka, dan memilih kejahatan dan kenyamanan hidup saat menghadapi kesulitan. Dalam situasi seperti itu, Santo Yosef menjadi sosok yang memancarkan keberanian dan keteguhan. Dia menempuh perjalanan jauh dalam cuaca dingin dan berangin, hanya untuk mengalami penolakan. Ia menemukan tempat untuk kelahiran Yesus justru di tempat penampungan hewan. Pagi-pagi ia bangun untuk melarikan diri ke Mesir menyelamatkan Kanak-kanak Yesus dari ancaman keji dari Raja Herodes. Dihadapkan dengan begitu banyak kesulitan, Santo Yosef tetap berdiri tegak dan menghadapi rintangan dengan gagah berani. Semoga laki-laki zaman now mengangkat pandangan mereka kepada sosok laki-laki yang lembut namun pemberani ini, yaitu Santo Yosef yang baik.

4.Pelindung dan Pemelihara

Santo Yosef melindungi dan memelihara Keluarga Kudus. Ia menyediakan segala kebutuhan mereka. Ia adalah seorang pekerja keras, berusaha sebagai seorang tukang kayu. Ia mendapatkan makanan dari hasil keringatnya. Ia tidak memikirkan dirinya sendiri, tetapi mengusahakan supaya ia mampu menyediakan kebutuhan yang terbaik bagi keluarga yang telah Tuhan kepadanya dan melindungi mereka. Mendekati Natal, mari kita memohon bantuan Santo Yosef untuk menjaga dan melindungi kehidupan rohani kita. Materialisme, konsumerisme, dan hedonisme adalah ilah-ilah dari budaya zaman now, yang justru merusak spiritualitas kita.


Doa-doa Santo Yosef dapat menolong kita untuk mampu melihat melampaui kecenderungan untuk membeli, memiliki, dan menguasai sesuatu. Ia dapat menolong kita untuk menyadari bahwa sukacita dan kebahagiaan sejati tidak datang dari kepemilikan akan sesuatu, tetapi dengan memiliki Tuhan sendiri. Memiliki Kanak-kanak Yesus dalam rangkulan tangan dan hati kita jauh lebih berharga daripada semua uang dan harta yang ada di dunia. Santo Yosef yang baik dapat mengajari kita pelajaran sederhana namun mendalam ini!

5. Santo Yosef, Bunda Kita, dan Yesus.

Agar dapat memiliki devosi sejati kepada Maria, Santo Yosef yang baik dapat menjembatani diri kita. Selain Yesus sendiri, nggak ada orang lain di dunia ini yang benar-benar mengenal, memahami, menghargai, dan mencintai Santa Perawan Maria lebih daripada Santo Yosef sendiri. Datanglah kepada Santo Yosef yang baik dan memohonlah kepadanya untuk memberikanmu rahmat akan pengenalan dan kasih kepada Maria, pasangannya yang terkasih. Kamu akan mengalami lompatan besar dalam devosimu kepada Maria! Kemudian berpalinglah kepada Santo Yosef dan memohonlah kepadanya untuk memperoleh rahmat pengenalan yang mendalam tentang Yesus, sehingga kamu dapat mengasihi Yesus dengan lebih giat dan mengikuti Yesus lebih dekat.


Selain Maria, di muka bumi ini, tidak ada seorang pun yang mengenal Yesus dengan lebih baik daripada Santo Yosef. Keluarga Kudus hanya akan sempurna ketika ketiga anggotanya dikenali, dihormati, dan dikasihi. Semoga doa-doa Santo Yosef yang baik membuka hatimu kepada harta luar biasa yang Tuhan sediakan bagimu di masa Advent ini. Dan semoga Yesus lahir dalam kedalaman hati kita pada hari Natal!



Diterjemahkan secara bebas dari tulisan Pater Ed Broom, OMV:
The Catholic Gentlemen. The 5 Advent Virtues of St. Joseph.
Catholic Exchange. St. Joseph Teaches Us How to Live Out Advent.


Sumber: Inspire.com

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply