19 Tahun Sudah Julius Kardinal Darmaatmadja SJ Menjadi Kardinal

< ![endif]-->

SATU memo sederhana ditulis Romo Aloysius Budi Purnomo Pr –imam diosesan Keuskupan Agung Semarang (KAS)—yang mengingatkan khalayak ramai di KAS .  Ia mengingatkan, hari Selasa tanggal 26 November 2013 ini adalah hari peringatan ulang tahun ke-19 Mgr.  Julius Kardinal Darmaatmadja SJ menjadi seorang kardinal.

“Tak seperti tahbisan imamat atau uskup, menjadi seorang kardinal ini adalah sebuah upacara pelantikan dan bukan penahbisan,” tulis Romo Budi Purnomo, Ketua Komisi HAK di KAS.

Ia juga mengajak, marilah segenap umat katolik Indonesia mengucapkan syukur atas karunia ini. “Terutama  hari ini 26 November 2013 merupakan HUT ke-19 Pelantikan dan Pelayanan Julius  Kardinal Darmaatmadja SJ sebagai kardinal kedua dari Indonesia,” tulis romo praja KAS  yang juga seorang penulis produktif dan pemain saksofon ini.

Kardinal Julius Darmaatmadja SJ bersama Uskup Agung Jakarta

Kardinal pertama Indonesia adalah Justinus Kardinal Darmajuwono Pr, putra asli Klepu. Saat ditunjuk Vatikan menjadi Kardinal, almarhum Justinus Kardinal Darmajuwono Pr adalah Uskup Agung Semarang.

“Romo Kanjeng  Julius Kardinal Darmaatmadja SJ, selamat, proficiat dan tetap sehat.  Terima kasih sejak purnawaktu dari jabatan pelayanan sebagai Uskup Agung Jakarta dan kini tinggal di Girisonta, setiap bulan berkenan menulis untuk majalah kami: Inspirasi, Lentera yang Membebaskan melalui kolom Suara Bapak Kardinal,” tulis Romo Budi Purnomo.

Berdasarkan catatan dokumentasi Sesawi.Net, sebelum mengemban jabatan sebagai Uskup Agung Semarang selama 13 tahun, Julius Kardinal Darmaatmadja SJ adalah Uskup Agung Semarang –juga selama 13 tahun. Ia menggantikan Kardinal Justinus Darmaatmadja Pr yang pensiun karena usia lanjut dan kemudian hidup sebagai pastur pembantu paroki di Gereja Banyumanik Semarang.

Sebelum menjadi Uskup Agung Semarang, Kardinal Julius Darmaatmadja SJ adalah Provinsial SJ Provinsi Indonesia dan sebelumnya Rektor Seminari Menengah Mertoyudan (1978-1981).

Dan gayung pun bersambut. Banyak romo dan suster biarawati langsung merespon ajakan Romo Budi Purnomo mengucapkan selamat dan proficiat disertai harapan tetap sehat dan berkarya.

Photo credit:

  • ·Kardinal Julius Darmaatmadja SJ saat mengikuti Misa Penutupan Sidang Tahunan KWI 2013 di Gereja Kristus Raja Pejompongan, Jakarta Pusat, 14 November 2013 dan berjalan dipapah umat Pejompongan (Mathias Hariyadi)
  •  Kardinal berjalan dipapah menyalami umat  dan digandeng Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo Pr (Mathias Hariyadi)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: