19 Suster PMY Live In di Paroki Jombor Klaten, Sejenak Keluar dari Zona Nyaman

Sejenak meninggalkan rutinitas hidup di balik tembok biara dan melihat keluar serta bergaul dengan umat Katolik di Paroki St. Theresia Jombor, Klaten. Inilah yang dilakukan 19 orang suster anggota Kongregasi Putri Maria dan Yosef (PMY) dalam rangka Hari Minggu Panggilan dan Peringatan 80 tahun PMY berkarya di Indonesia. Program live in ini berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu tanggal 20-21 April 2018. (Dok. Kongregasi PMY)

HIDUP di balik tembok biara adalah hari-hari para suster biarawati dari tarekat mana pun. Sengaja sejenak ingin meninggalkan ‘zona nyaman’ hidup dalam irama keteraturan di biara rupanya menjadi hal yang menarik untuk dipraktikkan.


Inilah yang terjadi dengan sejumlah para suster anggota Kongregasi Putri Maria dan Yosef (PMY), ketika mereka melakukan progam outreach dengan cara live in di Paroki Jombor di Klaten, Jateng.


Kegiatan ini dikerjakan dalam rangka Hari Minggu Panggilan sekaligus memperingati 80 tahun Kongregasi PMY berkarya di Indonesia.


Yang kami lakukan bersama umat Katolik di Paroki Jombor antara lain:

Sarasehan bersama umat setempat.Pertemuan memotivasi gerakan go green bersama segenap OMK dan warga lingkungan.Ngobrol model angkringan dengan OMK.Kunjungan kepada keluarga-keluarga umat.

Kegiatan ini sudah berhasil terlaksana selasa dua hari, mulai hari Jumat hingga Sabtu (20-21 April 2018) pekan lalu.


Yang terlibat dalam kegiatan live in ini ada sebanyak 19 orang suster PMY.


Variatio delectat – variasi (dari rutinitas) itu ternyata menyenangkan, ketika para suster ‘keluar’ dari lingkup hidup sehari-hari di susteran biara dan hidup membaur dengan umat.


Inilah beberapa rekaman gambar peristiwa live in tersebut.


Paparan materi dari salah satu suster PMY kepada umat Katolik di Paroki St. Theresia Jombor, Klaten, Keuskupan Agung Semarang.

Keluar sejenak dari susteran dan tampil di hadapan umat.

Ceria bersama di luar tembok biara.

Yang muda, yang bersemangat dan ceria.

Menyerap aspirasi di lapangan di balik tembok biara dari OMK Paroki St. Theresia Jombor, Klaten.

Forum dialog antara OMK Paroki St. Theresia Jombor Klaten dengan para suster PMY.

Para suster PMY dengan tokoh umat Paroki Jombor Klaten, Jateng. (Dok. Kongregasi PMY)

Kredit foto: Kongregasi Suster Putri Maria dan Yosef (PMY)


Sr. Alfonsa PMY


Suster biarawati anggota Kongregasi Putri Maria dan Yosef (PMY), pernah menjadi penggiat pertanian organik di Purworejo; sekarang purnabakti dan tinggal di Wonosobo, Jateng


Sumber: Sesawi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply