ADA yg menarik di Auditorium Fakultas Teknik Pertanian UGM, yaitu acara penutupan pekan rohani UKM (unit kegiatan mahasiswa) Katolik UGM, Sabtu 24 Mei 2014 pkl 16.30 s.d selesai. Hadir kurang lebih 300-an mahasiswa –dengan target sebenarnya yang hadir 400—dan tiga orang dosen katolik.
Acara diisi dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Handi S Pr. Setelah misa, ada final lomba cerdas cermat Kitab Suci. Yang maju ke final adalah wakil dari fakultas farmasi dan biologi. Pertandingan berlangsung sangat seru, cerdas, tangkas dan cekatan. Akhirnya, yang menjadi pemenang adalah fakultas bilogi. Ada acara lain yg tak kalah menarik yakni pentas band, koor, games, dsb.

Romo Handi Pr sempat ngobrol dengan Bpk Dr. Suyoko, dosen Fak Pertanian. Beliau menceritakan bahwa kegiatan Misa Kampus (miskam) di UGM dirintis sejak tahun 1977. Ada kegiatan lain misalnya retret. Saat ini total mahasiswa katolik di UGM –tak terhitung adalah mahasiswa program S2– berjumlah 400-an orang. Jumlah ini lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya hingga sampai 800-an orang.

UGM

Kiprah mahasiswa-mahasiswi katolik di UGM: Berbagai kegiatan –di antarnya misa kampus– sering kali diadakan oleh kelompok mahasiswa-mahasiswa katolik lintas fakultas di UGM Yogyakarta. (Dok. Romo Handi Setyanto Pr)

Pelantikan lektor akolit
Minggu, 25 Juni 2014, pukul 06.00 di Seminari Tinggi St. Paulus, Kentungan dilantiklah 12 orang frater menjadi lektor dan akolit. Mereka adalah 9 frater dari Keuskupan Agung Semarang dan 3 frater dari Keuskupan Purwokerto. Mereka dilantik oleh Bapak Uskup Agung Semarang Mgr J. Pujasumarta bersama Rektor Seminari Tinggi Kentungan Romo J. Kristanto Suratman Pr dan wali tingkat 4.

Misa berlangsung amat semarak dengan koor kreatif oleh para frater.

akolit ok

Pelantikan Lektor-Akolit: Misa sederhana bersama Bapak Uskup Agung Semarang Mgr. Johannes Pujasumarta Pr dan Rektor Seminari Tinggi Kentungan Romo J. Kristanto Suratman Pr melantik 12 frater menjadi lektor dan akolit. (Dok. Romo Handi Setyanto Pr)

Di akhir misa, tibalah saat diumumkannya pengutusan para frater yang telah menjadi lektor+akolit tersebut utk menjalani masa tahun orientasi pastoral (TOP). Empat orang frater masih harus menyelesaikan skripsi mereka. Frater yang lain ditugasi di sekolah dan paroki KAS; namun ada juga yang dikirim ke Sorong, Papua, dan Ketapang. Satu frater Keuskupan Purwokerto ditugaskan di Seminari Mertoyudan.

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.